Marvel Comics merupakan sebuah universe yang besar dan berisi berbagai karakter yang menarik dan juga kuat. Pertanyaan tentang siapa yang paling baik, mungkin tidak akan pernah selesai untuk dijawab karena masing-masing memiliki selera dan “jagoannya” masing-masing. Mungkin ada yang menjawab Captain America, Iron Man, Thor, atau bahkan Black Widow.

Meskipun nama-nama di atas memang harus diakui adalah karakter-karakter yang hebat, tapi terkadang kita kurang menyadari bahwa ada sosok karakter yang juga tidak kalah kuat yang kurang mendapatkan sorotan. Salah satu contohnya adalah Nova. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Nova menjadi salah satu karakter yang terbaik dari Marvel Comics.

Karakter Yang Komplit

Nova bisa dibilang merupakan karakter yang paling komplit diantara para karakter pahlawan Marvel lainnya. Dia merupakan karakter yang benar-benar terasa bahwa dia adalah karakter yang digambarkan dengan sangat baik. Hal itu juga yang membuat Nova dianggap sebagao karakter pahlawan Marvel yang paling nyata dibandingkan dengan karakter lainnya di seri Marvel.

Richard Rider tumbuh dan berkembang dan selalu merasa bahwa dia butuh belajar sesuatu yang baru. Masing-masing penulis yang pernah menggarap cerita Nova pasti akan selalu menghadirkan elemen tersebut dalam kisahnya, dan beruntung mereka berhasil melakukannya kepada karakter Nova dengan sangat sempurna.

Karakter Yang Tidak Pernah Mundur

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Richard Rider adalah karakter uang akan selalu tumbuh dan belajar. Pelajaran baru yang dia dapatkan tidak begitu saja dilupakan atau hanya sekedar lewat, tapi hal itu kemudian diaplikasikan dalam cerita Nova selanjutnya. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Nova merupakan karakter pahlawan yang spesial dan luar biasa dalam cerita Marvel.

Berbeda dengan Spider-Man, Nova merupakan seorang pahlawan yang tidak pernah mundur atau tidak pernah mengambil langkah mundur dalam hidupnya. Ketika dia kalah, dia akan kembali belajar dan terus belajar, sehingga perkembangan tersebut tanpa disadari ada dalam dirinya.

Naik dan Turun

Nova merupakan salah seroang pahlawan yang sudah merasakan semua pengalaman, kalah, menang, dipecundangi, dihancurkan, dan sebagainya. Seri komiknya masih terus menghadirkan hal-hal baru. Berbagai pengalaman tersebut yang kemudian menjadi tuntunan dan juga panduan bagi Richard untuk bisa menang dalam setiap pertempuran.

Ini juga yang membuat Nova terasa lebih “manusiawi”. Tentunya ada pro dan kontra ketika Richard Rider menjadi Nova Prime baru. Karakter lainnya pun memang sama-sama pernah mengalami hal yang sama, tapi untuk Richard Rider hal itu terasa begitu spesial yang membedakan dia dengan para karakter lainnya.

Memiliki Pandangan Yang  Luas

Menjadi seorang pahlawan atau pelindung bukan hanya bumi melainkan seluruh luar angkasa, Nova secara tidak langsung memiliki pandangan yang jauh lebih luas. Dia pernah terlibat dalam upaya untuk menghancurkan pasukan Annihilus, dan juga dia pernah bergabung dalam event besar Marvel Comics seperti Civil War. Hal-hal inilah yang membuat Nova kemudian memiliki pandangan yang lebih luas.

Bahkan, ketika dia kembali ke bumi untuk memperingatkan Iron Man tentang ancaman yang akan datang ke bumi, Tony kemudian mengajaknya bergabung dalam perang di Civil War, dan membuatnya seakan-akan hal tersebut menjadi sesuatu yang lebih penting.

Pernah Menghadapi Berbagai Situasi Yang Lebih Genting

Jika Geeks menganggap jika apa yang terjadi di bumi dalam cerita Marvel merupakan sesuatu yang luar biasa, mungkin kalian harus tahu jika ada sesuatu yang lebih luar biasa terjadi di luar angkasa. Salah satu contohnya adalah ketika Annihilus dan pasukannya berencana untuk menginvasi berbagai planet dan kemudian menghancurkannya.

Dalam kejadian tersebut seorang anak muda, bernama Richard Rider yang merupakan satu-satunya Nova yang tersisa dari Nova Corps kemudian menghadapi penguasa dari negative-zone dan berhasil menang. Annihilation merupakan salah satu event yang penting dalam sejarah Marvel dan Nova ada disana, memiliki peran yang besar untuk mengalahkannya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2