Bukan sesuatu yang aneh jika para Avengers bertukar peran dengan rekan Avengers lainnya secara sementara. Contohnya adalah ketika Captain America berhasil menggunakan Mjolnir di film Avengers: Endgame. Tapi, apa yang jika para Avengers bukan hanya bertukar peran tapi juga kekuatan mereka “ditukar” dengan kekuatan yang lain yang dimiliki oleh Avengers lainnya?

Hal itulah yang coba diperlihatkan dalam komik Avengers/Defenders: Tarot #3. Komik yang ditulis oleh Alan Davis dan Paul Renaud ini menghadirkan sebuah petualangan yang cukup “unik” dimana realita yang ditampilkan berbeda dengan yang kita kenal. Dalam ceritanya, seorang villain Diablo mengambil kartu the ichor dan tarot untuk mendapatkan kendali atas Avengers.

Namun, ketika rencana tersebut gagal, dia melompat masuk ke sebuah portal yang misterius. Doctor Strange mencoba untuk mengikuti Diablo masuk ke dalam portal tersebut sebelum tertutup, dan akhirnya kita melihat bagaimana Doctor Strange melakukan sebuah perjalanan waktu dan berada di sebuah realita yang berbeda setelah kartu tarot yang dipegang Diablo terbelah dua.

Dalam realita tersebut para pahlawan Marvel memiliki penampilan yang baru, kekuatan yang baru, bahkan nama baru. Doctor Strange menjadi karakter hippies yang duduk di atas papan seluncur milik Silver Surfer. Captain America kini berubah nama menjadi Major Gamma, yang pada dasarnya adalah Hulk yang menggunakan tameng Vibranium Captain America.

Silver Surfer kini menjadi Captain Cosmis, yang merupakan campuran dari beberapa pahlawan Marvel. sementara Scarlet Witch menjadi Scarlet Strange, penyihir agung yang baru. Hulk berubah menjadi Hulkhoid, Vision menjadi Reaper, Namor kemudian berubah menjadi Imperius Rex, dan Valkyrie menjadi Eiserne Jungfrau (Iron Maiden).

Diablo sendiri merasa keheranan dengan situasi yang terjadi di universe baru tersebut. Dia mengatakan kepada karakter baru tersebut bahwa tidak seharusnya mereka begitu dan juga tidak seharusnya dia berada di universe tersebut. Realita tersebut ternyata sedang diserang oleh sekelompok pahlawan bernama The Unbelieveables.

Dalam preview untuk volume 4, yang sekaligus menjadi volume terakhir dari mini seri ini, memperlihatkan para Avengers/Defenders tersebut akan bertarung melawan waktu untuk mengembalikan semuanya ke situasi semula.  Apakah perubahan tersebut permanen atau bisakah tim pahlawan super tersebut mencari tahu bagaimana caranya untuk mengembalikan semua itu sebelum semuanya terlambat?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.