Game Watch Dogs: Legion merupana sebuah sekuel yang sangat ambisius dari Ubisoft, dimana gamenya menargetkan kita bisa bermain sebagai siapapun dan semua orang. Game ini merupaan ekspansi dari game Watch Dogs 2, hanya saja dalam game ini setting tempatnya berada di London. Pertama kali game ini diumumkan dalam acara E3 2019, Legion akan menggunakan formula yang sama dengan dua game sebelumnya dengan berbagai peningkatan permainan.

Jelas bahwa Ubisoft menghabiskan banyak waktu dan fokusnya pada game ini. Dan berikut adalah berbagai hal yang kita ketahui tentang Watch Dogs: Legion.

Tanggal Perilisannya

Ubisoft pada awalnya merencanakan untuk merilis game Watch Dogs: Legion pada 6 Maret 2020 mendatang, namun di akhir 2019 kemarin muncul pengumuman jika gamenya ditunda untuk waktu yang belum ditentukan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penjualan game Ghost Recon Breakpoint dan The Division 2. Ubisoft juga menunda perilisan Rainbow Six: Quarantine dan Gods & Monsters di waktu yang sama. Sepertinya mereka akan mengevaluasi game-game mereka.

Diperkirakan Legion akan dirilis pada 2021 mendatang jika tidak di tahun 2020 ini. Ubisoft kemungkinan akan merilis game ini sebelum perilisan konsol generasi terbaru PlayStation 5 dan Xbox series X. Bisa jadi game ini nantinya akan dirilis di dua konsol tersebut dan juga di konsol lainnya (cross-gen).

Cerita Watch Dogs: Legion

Game ini akan berbeda dengan dua game sebelumnya, dimana disini setting tempatnya ada di Inggris, terutama di wilayah London, setelah sebuah rezim yang memimpin negara tersebut mengendalikan semua yang ada di negara itu. Sebagai salah seorang anggota dari kelompok hacker DEDSEC, pemain harus membentuk sebuah pasukan pemberontak demi mengembalikan keamanan disana, dan juga bertarung melawan sistem pengawasan yang disebut ctOS.

Ada banyak karakter yang bisa dimainkan oleh para pemain nantinya di game ini, yang memiliki latar belakang dan kemampuan khusus berbeda satu sama lainnya. Ubisoft mencoba untuk membuat karakter-karakter ini memiliki lebih banyak dinamisme dalam keseluruhan ceritanya. Tidak ada karakter utama dalam game ini, namun kita bisa merekrut NPC manapu yang ada di game ini.

Gameplay

Gameplay dari Legion, berdasarkan apa yang sudah diperlihatkan oleh Ubisoft, sepertinya berfokus pada ide dari para pemain yang bisa merekrut NPC manapun di dalam gamenya. Karakter-karakter ini bisa direkrut dengan cara menjalan misi atau serangkaian misi yang ada. Karakternya dibagi menjadi tiga kategori: combat, stealth, dan hacking.

Tentu saja, kemampuan mereka tidak jauh-jauh dari pengelompokan tersebut. Penampilan dan peralatan dari para karakter tersebut bisa dirubah-rubah sesuai dengan keinginan kita. Tapi, kita perlu berhati-hati dengan karakter yang kita mainkan, karena mereka bisa saja mati. Ketika karakter mereka mati, para pemain diberikan pilihan apakah dibiarkan tewas atau menggunakan karakter lainnya untuk menyelamatkan karakter yang terluka tersebut.

Legion juga akan memiliki fitur co-op sampai dengan empat pemain. Game ini masih menggunakan sebagian besar mekanisme yang sama dengan dua game sebelumnya. Tetap menggunakan sudut pandang orang ketiga yang mempermudah kita dalam melakukan misi untuk mengendap-endap atau meretas sesuatu. Kota London yang ada bisa dijelajahi melalui beragam cara, mulai dari berjalan kaki, berkendara, sampai menggunakan sistem kereta bawah tanah.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.