Hanya tinggal beberapa minggu lagi menjelang perilisan film Mulan, di mana film ini akan menjadi sebuah film remake live-action dari film animasinya ditahun 90an. Film Mulan menjadi film pertama dari berbagai remake film Disney yang memliki rating PG-13 yang menunjukkan bahwa akan ada adegan pertempuran yang cukup besar terjadi dalam filmnya nanti. Disney pun membuat keputusan untuk tidak memasukkan lagu apapun dari film animasinya di tahun 1998.

Tidak hanya itu, karena sahabat karib dari sosok Mulan bernama Mushu juga absen dalam filmnya nanti, dan itu menjadi keputusan yang kurang disukai oleh banyak penggemar. Produser dari film Mulan yaitu Jason Reed menjelaskan alasannya untuk tak lagi menampilkan karakter Mushu. Ternyata keinginan untuk mendapatkan pendapatan yang besar di Cina menjadi alasan mengapa Mushu dihilangkan dari proyek ini.

“Jelas Mushu adalah karakter yang dicintai, dan salah satu karakter yang paling berkesan dari film animasinya. Ternyata para penonton di Cina tidak terlalu berpikir bahwa Mushu adalah interpretasi terbaik dari sebuah naga dalam budaya mereka. Bahwa Naga adalah tanda penghormatan dan kekuatan. Jadi menggunakan seekor naga sebagai sahabat karib sangat tidak cocok dengan penonton Cina.”

Dari apa yang dilontarkan oleh Reed, sepertinya Mushu pada awalnya dimaksudkan untuk menjadi bagian dari film terbaru Mulan, sebelum pihak studio memutuskan bahwa mereka tidak ingin membahayakan peluang untuk mendapatkan keuntungan besar di box office Cina. Sementara itu hampir setiap remake dari live-action Disney menampilkan sosok sahabat karib dari hewan yang dapat berbicara, jadi keputusan dari Disney adalah murni karena masalah finansial untuk membuat filmnya nanti semakin laku di pasar Cina.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/