Hulk dan Wolverine sepertinya memang ditakdirkan untuk saling bertarung. Di berbagai universe, lini masa dan berbagai cerita lainnya, kedua karakter ikonik ini selalu diperlihatkan saling bertarung satu sama lainnya. Meskipun Hulk dan Wolverine selama beberapa waktu berada di cerita yang lain, namun keduanya kembali bertemu dan kembali bertarung dalam cerita Marvel Forces #1. Dan kali ini, sayangnya Bruce Banner dan alter-egonya yaitu Joe Fixit tidak bisa menang dari Wolverine.

Pertarungan keduanya berlangsung di Madripoor, dimana Wolverine menghabiskan sebagian besar waktunya menjauh dari X-Men dan dirinya di masa lalu. Di sebuah pulau dimana kriminal dan kejahatan berada di level tertinggi, Logan berhasil membaur dengan baik. Beberapa waktu yang lalu dalam komik Wolverine #7 dan #8, Patch dan Joe Fixit sempat berkolaborasi. Namun, hal itu tidak menghentikan keduanya untuk saling membunuh.

Dengan informasi terbaru dari Krakoa menyebutkan bahwa portal menuju ke pulau tersebut kini sudah disetting ke seluruh dunia. Wolverine, sebagai Patch, pergi ke Madripoor untuk menginvestigasi mengapa para mutan berhenti untuk bepergian melalui portal di Madripoor. Setelah bertarung melawan beberapa penjahat, Logan akhirnya mengetahui sumber utama dari masalah itu, yang tidak lain adalah Joe Fixit.

Joe Fixit menjelaskan bahwa dia saat ini sudah menjadi makhluk yang kekal, dan hal ini sempat dijelaskan dalam Immotal Hulk, dimana dia kini menjadi kekal setelah kembali dari kematiannya di tangan Hawkeye dalam event Civil War II. Hal ini tentunya menjadi sebuah mimpi buruk bagi X-Men. Saat keduanya mulai bertarung, Grey Hulk sempat mengungkapkan beberapa hal yang mana menunjukan jika dia memang berencana untuk tidak menyerang para mutan di “rumah” mereka yaitu Krakoa.

Meskipun kehadirannya di Madripoor menghambat dan menghalangi berbagai perjalanan para mutan, Wolverine memiliki alasan yang bagus untuk menyerang Grey Hulk tersebut. Pertarungan mereka hanya ditampilkan dalam beberapa halaman saja, namun pastinya pertarungan tersebut berlangsung selama berjam-jam, mengingat daya tahan keduanya. Namun, pertarungan tersebut berakhir ketika matahari mulai terbit dan memaksa Hulk kembali ke tubuh Bruce Banner.

Lemah dan kebingungan, Banner sempat mengungkapkan kembali apa yang disebutkan oleh Fixit bahwa Madripoor adalah tempat yang pas untuknya karena ada banyak orang yang bisa dihancurkan. Melihat apa yang terjadi dengan berbagai persona Bruce Banner dan mencegah konflik lainnya dengan berbagai jenis Hulk lain, akhirnya Logan pun membunuh Banner.

Namun, Logan sendiri sadar bahwa kematian tersebut hanya sementara dan ketika matahari terbenam dia kan kembali hidup. Kematian tersebut setidaknya memberikan waktu kepada Wolverine untuk menggunakan portal Krakoa dan pergi dari Madripoor. Untuk sementara, hal ini bisa menyelesaikan masalah Wolverine. Namun, ketika Bruce dan Joe Fixit kembali bangkit tentu dia tidak akan tinggal diam atas hal ini. Apakah Wolverine dan X-Men sanggup mengatasi masalah ini? kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.