Berbicara mengenai apa yang terjadi di masa lalu memang tidak akan ada habisnya, apalagi dalam cerita One Piece. Apa yang terjadi di masa lalu masih menjadi sebuah misteri besar yang masih menanti untuk dipecahkan, sehingga wajar jika para fans banyak yang melemparkan berbagai teori atau berbagai spekulasi terkait apa yang terjadi di masa lalu.

Salah satu contohnya adalah adanya kaitan tentang sosok Im Sama dan Joy Boy, sosok misterius yang diduga merupakan pemimpin dari klan D dan penguasa di kerajaan kuno. Seperti yang kita ketahui, jika Joy Boy merupakan sosok penting sebelum dan pada saat era yang hilang muncul. Tapi, siapa sebenarnya Im Sama dan bagaimana kaitannya dengan Joy Boy?

Im Sama merupakan pemimpin tertinggi dari Pemerintah Dunia. Eiichiro Oda sampai saat ini masih belum memperlihatkan bagaimana sosok asli dari sang pemimpin tersebut. Namun, yang pasti dia memiliki bentuk fisik yang tinggi mirip seperti para lima tetua bintang. Berbicara tentang hal tersebut, Im Sama bahkan posisinya lebih tinggi daripada lima tetua bintang. Mereka pun menerima perintah dari sosok ini.

Masih belum diketahui mengapa sosok Im Sama menjadi pemimpin bagi Pemerintah Dunia, yang artinya dia merupakan raja atau pemimpin dari seluruh dunia di One Piece. Banyak yang mengira bahwa dia merupakan pemimpin yang bisa menyeimbangkan seluruh kekuatan di Pemerintah Dunia. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Im Sama adalah sosok yang tahu semua hal tentang apa yang terjadi di dunia ini.

Dengan Pemerintah Dunia yang tidak ingin mengungkapkan siapa sosok Im Sama dan banyaknya misteri yang mengelilinginya, bukan tidak mungkin jika dia berasal dari era yang hilang seperti Joy Boy. Bisa juga dia mengenal sosok Joy Boy atau yang teori yang paling gila adalah bisa jadi Im Sama adalah Joy Boy. Jika, memang Im Sama berasal dari era yang hilang artinya dia berusia lebih dari 800 tahun.

Lima tetua bintang sendiri pernah mengatakan kepada Im Sama bahwa masa untuk melakukan “pembersihan” sudah kembali muncul, karena menurut mereka dunia kini sudah mulai kembali sulit untuk dikendalikan. Jadi, mereka meminta persetujuan Im Sama untuk mengeliminasi berbagai hal atau pihak yang dianggap sebagai ancaman besar bagi dunia, yang artinya sebagian sejarah dunia akan kembali hilang.

Dengan Im Sama yang bisa mengendalikan Gorosei, dan juga Pemerintah Dunia, artinya dia merupakan orang yang bisa memimpin atau menginisiasi serangan yang dulu bisa jadi diarahkan kepada Joy Boy dan kerajaan kuno. Jika memang hal itu terjadi, kemungkinan lainnya adalah dia berhasil membunuh Joy Boy dan mendapatkan kekuatannya dan juga kendalinya atas salah satu senjata kuno.

Dengan menggunakan senjata kuno tersebut dia mendapatkan keabadian, juga dengan para Gorosei. Jadi, Im Sama bukanlah bagian dari kaum naga langit. Bisa jadi, dia memiliki posisi yang jauh lebih tinggi dari itu. Berdasarkan penjelasan ini, koneksi antara Im Sama dan Joy Boy bisa jadi adalah seorang rival abadi.

Hal tersebut ada kaitannya dengan takdir Luffy, dimana Luffy diperkirakan merupakan orang yang dinantikan oleh Joy Boy untuk meneruskan janjinya. Di Chapter 972 kemarin, Oden sempat menjelaskan bahwa akan ada satu kekuatan besar yang muncul. Kekuatan tersebut akan menghancurkan semua hal, termasuk Kaido dan Orochi. Keluarga Kozuki pun sebenarnya menutup perbatasan wilayah Wano dengan alasan mempersiapkan diri untuk menyambut kekuatan tersebut.

Di chapter sebelumnya pun Im Sama terlihat begitu gusar melihat berbagai poster dengan klan D, termasuk Luffy. Sehingga, bisa diartikan jika lawan yang harus dihadapi oleh Im Sama selanjutnya setelah Joy Boy adalah Monkey D. Luffy. Dengan kekuatan yang masih misterius, tentunya sangat sulit bagi Luffy untuk menghadapi Im Sama nanti. Tapi, seperti yang kita lihat, perkembangan kekuatan Luffy terus bertambah. Bisa jadi, ketika berhadapan dengan Im Sama, kekuatan Luffy sudah mencapai puncaknya,