Berusaha untuk tetap bebas dan berjalan dengan sesuka hatinya merupakan filosofi yang selalu dipegang oleh mereka-mereka yang memiliki nama “D.” di tengah namanya. Merekalah orang-orang yang diketahui memiliki semangat atau tekad D, meskipun tidak semuanya yang memiliki nama D. memiliki tekad yang sama. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Mengapa tidak semua D. memiliki tekad yang sama?

Selama ini, One Piece selalu menggambarkan karakter yang memiliki nama D. di tengahnya sebagai sosok yang pemberani dan selalu memiliki pemikiran yang bebas dan tidak ingin dikekang. Itulah mengapa Monkey D. Dragon mulai membentuk Pasukan Revolusi untuk menggulingkan Pemerintah Dunia. Itulah alasan mengapa Gol D. Roger bisa sampai ke Laugh Tale.

Mereka adalah orang-orang yang spesial. Tapi, kemungkinan selama ini kita salah mengartikan tentang klan D dan juga semangat D. Selama ini, kita mengetahui jika hanya orang-orang dengan nama D. saja yang memiliki tekad dan semangat tersebut. Tapi, di chapter 971 kemarin ada sebuah detail penting yang mungkin akan merubah pemahaman kita tentang klan D.

Dalam ceritanya, diperlihatkan jika Oden pada akhirnya selamat dari eksekusi yang dilakukan oleh Kaido dan Orochi. Dia bertahan selama satu jam berada di sebuah kuali raksasa, dengan minyak yang sangat panas. Namun, mengetahui Oden masih hidup akhirnya keduanya memutuskan untuk mengubak cara eksekusinya menjadi ditembak.

Oden pun akhirnya tewas dengan cara ditembak di kepala oleh Kaido, dan bukan tewas dengan cara direbus di dalam kuali rakasasa. Tapi, ada sebuah detail yang sangat penting dalam adegan tersebut yaitu Oden mati dalam keadaan tersenyum. Selama ini, One Piece selalu memperlihatkan bahwa hanya klan D. saja yang tewas dengan cara tersenyum. Apa artinya Oden merupakan bagian dari klan D?

Kozuki Oden tahu tentang semua sejarah dunia dan juga dia mengetahui tentang arti dibalik nama D, setelah dia ikut berlayar dan berpetualang bersama Gol D. Roger ke pulau Laugh Tale. Disana, dia mengetahui hal tersebut dan bahkan ikut tertawa bersama Roger. Bisa dipastikan jika Kozuki Oden bukanlah bagian dari klan D – meskipun perlu dibuktikan lagi di kemudian hari, apakah klan Kozuki merupakan bagian dari klan D.

Fakta menarik yang mungkin tidak Geeks sadari adalah ada banyak karakter yang juga tewas dalam keadaan tersenyum. Selain Kozuki Oden, ada juga Bellemere, Dr. Hiluluk, Pedro, Corazon, Otohime, dan beberpaa karakter lainnya. Mereka mati dengan cara tersenyum. Apakah ada klan D. yang tidak tersenyum? Salah satu contoh yang nyata adalah Marshall D. Teach alias Blackbeard.

Orang-orang dari klan D. dikenal sebagai sosok yang tidak pernah takut dengan ambisinya. Mereka juga tidak pernah takut akan kematiannya, dan hal itu yang membuat mereka selalu maju dan sering berbuat “kekacauan.” Kematian mereka yang tersenyum, terlepas apakah mereka klan D atau bukan, bisa jadi karena mereka puas dengan ambisi mereka.

Mereka yang baik, akan mati dalam keadaan tersenyum. Sehingga, bisa diartikan jika tewas dengan cara tersenyum bukan hanya milik mereka para klan D saja. Mereka yang memiliki niat baik, dan juga sosok yang bisa dipercaya akan mati dalam keadaan tersenyum.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.