Di akhir musim ketiga dari seri animasi Attack on Titan, para fans akhirnya diberikan suguhan yang menarik dari cerita origin seriesnya. Seperti yang diketahui oleh Eren, dan semua para penduduk yang ada dibalik tembok raksasa, bahwa kemampuan berubah menjadi Titan merupakan sebuah keunikan genetik yang hanya ada di bangsa Eldian, yang juga dikenal sebagai Subjects of Ymir.

Siapa sebenarnya Ymir? Ymir Fritz merupakan orang atau manusia pertama yang memiliki kemampuan untuk bertansformasi menjadi Titan dan kemudian dia dikenal sebagai the Founder. Masih belum diketahui bagaimana dia mendapatkan kemampuan tersebut, entah apakah memang sebuah pemberian tuhan atau Ymir memang melakukan transaksi terselubung dengan iblis. Semuanya tergantung sudut pandang, apakah dilihat dari sejarah bangsa Marley atau Eldian.

Ymir sendiri menggunakan kekuatan yang dia miliki untuk membuat rakyatnya dan juga kerajaan Eldian menjadi sebuah kerajaan yang besar, dengan wilayahnya yang sangat luas. Kekuatan tersebut digunakan untuk menaklukan wilayah lainnya. Hal inilah yang membuat kerajaan Eldia memiliki banyak musuh, yang hasilnya membuat kerajaan Eldian harus hancur dan Island of Paradis harus terpisah dari dunia lainnya sebagai benteng terakhir.

Ymir meninggal 13 tahun setelah dia menerima kekuatan Titan miliknya, yang membuktikan bahwa setiap orang dengan kemampuan berubah menjadi Titan akan memiliki “kutukan” yang sama yaitu usianya sangat pendek. Kekuatan Ymir kemudian dibagikan kepada penerusnya, yang akhirnya terciptalah sembilan jenis Titan: the Founding Titan, Attack Titan, Armored Titan, Colossal Titan, Beast Titan, Female Titan, Cart Titan, dan War Hammer Titan.

Pada awalnya, kekuatan dari Founding Titan hanya diturunkan kepada keluarga kerajaan saja (Fritz dan Reiss), sampai akhirnya ayah Eren yaitu Grisha mendapatkan kekuatan Founding Titan. Salah seorang nenek moyang dari keluarga Fritz, Karl Fritz, merupakan sosok yang bertanggung jawab dengan didirikannya tembok-tembok raksasa yang mengisolasi rakyatnya pada ribuan tahun yang lalu.

Dengan memiliki kekuatan Founding Titan, artinya dia memiliki sebuah keuntungan lain yaitu mampu menghapus ingatan orang lain agar Eldia bisa tetap aman dari orang-orang yang mencoba berbuat jahat dan juga untuk melupakan segala kesalahan dan dosa yang sudah dilakukan oleh para pendahulu mereka. Tapi, seperti yang diperlihatkan di manganya, ada cerita yang lebih detail dari ini.

Ymir Fritz sebenarnya bukan seorang pahlawan, sosok suci, atau juga seorang villain. Dia hanyalah manusia biasa yang lemah, rapuh, dan memiliki banyak kekurangan. Di chapter 122, kita melihat cerita masa lalu dari Ymir Fritz dimana sekitar 2.000 tahun yang lalu Ymir dipaksa menjadi budah setelah rumahnya diserang oleh sang pemimpin kerajaan, Fritz.

Dia dituduh membiarkan seekor babi lepas, dan akhirnya dia pun dihukum dengan hukuman mati. Dia kemudian kabur menuju hutan, mencari bantuan sampai akhirnya dia menemui sebuah pohon yang aneh dan dia pun mencoba untuk bersembunyi dibalik sela-sela akar pohon tersebut. Namun, dia kemudian tergelincir masuk ke sebuah dunia bawah tanah, dimana dia menyatu dengan sesosok Titan.

Para pemburu hanya melihat ngeri, bagaimana Ymir berubah menjadi sosok Titan. Ymir sendiri memang tidak jadi dieksekusi mati, tapi dia disuruh kerja paksa seperti membangun jembatan dan infrastruktur lainnya. Fritz sengaja menggunakan tubuh raksasa Ymir untuk membangun dan memperluas kerajaannya.

Ymir kemudian ditawari “hadiah” oleh Fritz, dimana Ymir menikah dan mengandung anak dari Fritz. Selain itu, dia juga memiliki misi untuk menghancurkan orang-orang Marley. Sampai akhir hayatnya, dia tetap setia kepada tuannya yang sekaligus juga suaminya. Menjadi “mesin pembunuh” bagi sang raja dan juga suami adalah peran yang harus dilakoni Ymir pada saat itu.

Ketika arwahnya pindah ke dunia yang lain, Fritz membuat ketiga putrinya yaitu Maria, Rose, dan Sheena (yang namanya dipakai untuk nama tembok raksasa di Paradis Island) untuk mengkonsumsi tubuhnya agar kekuatannya bisa diwariskan kepada mereka. Meskipun para penerusnya masih terus mempraktekan keinginan terbesar Fritz untuk berkuasa, jiwa Ymir – yang berbentuk anak kecil – sebenarnya terjebak di sebuah alam yang disebut “Coordinate.”

Tempat spiritual itu merupakan sebuah padang gurun yang dipenuhi oleh sebuah pilar raksasa bercabang yang menghubungkan Ymir dan para rakyatnya (subject). Disini juga merupakan tempat para Ymir lainnya, seperti Eren dan Ze Jaeger, akan berakhir ketika mereka mati. Ketika Zeke Jaeger mencoba untuk menguasai segala hal yang ada di Coordinate, Eren, yang bersedih karena statusnya, bersumpah untuk membuat keputusan sendiri, yang kemudian membuatnya kembali bebas setelah dua abad.

Ymir pun setuju dan akhirnya menggunakan tubuh Eren, yang sebelumnya sudah tewas, kemudian dia memindahkan kekuatannya dan membantunya menjalankan rencana balas dendam yang sudah dia buat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.