Mulai dari Avengers sampai X-Men, Marvel Universe sudah memperlihatkan duplikat atau kloning dari berbagai superhero akhir-akhir ini dalam cerita mereka. Mengingat banyaknya jumlah kloning dari karakter pahlawan ini yang muncul dalam cerita, tentunya sangat mencengangkan. Setelah beberapa X-men diburuh dalam cerita House of X, terungkap bahwa Professor X sudah memiliki rencana untuk “membangkitkan” para mutan tersebut yang disebut “resurection protocol” atau prosedur bangkit kembali dari kematian.

Dengan mengkombinasikan lima kekuatan mutan, Professor X kini bisa membuat atau menciptakan sebuah kloning yang mendekati sempurna dari mutan apapun yang ada di dunia ini. Ketika kloningnya sudah siap, Xavier akan menggunakan alat andalannya Cerebro untuk mengunduh kenangan dan ingatan dari tubuh sebelumnya ke tubuh yang baru. Menciptakan sebuah duplikat yang sempurna.

Hal ini sudah berhasil membangkitkan beberapa karakter mutan favorit para fans termasuk Cyclops, Nightcrawler, dan Wolverine. Proses ini bahkan digunakan untuk membangkitkan kembali Professor X sendiri ketika dia dibunuh, dalam cerita X-Force. Tapi, para mutan bukanlah satu-satunya ras atau karakter yang memiliki duplikat di Marvel Universe.

Dalam komik Captain Marvel terbaru, kita diperlihatkan tentang Carol Danvers yang diberi perintah oleh Vox Supreme, pemimpin baru Kree, untuk membunuh lima Avengers dalam waktu 24 jam. Dengan nyawa jutaan lainnya sebagai taruhan, mau tidak mau Carol harus melakukan hal itu. Tapi, di volume 13 kita akhirnya tahu jika tubuh dan kepala Avengers yang diberikan kepada Vox Supreme hanyalah duplikat atau kloning.

Kloning-kloning dari para Avengers tersimpan rapih di sebuah laboratorium yang ada di salah satu fasilitas milik S.H.I.E.L.D. jadi, secara tidak langsung kloning tersebut merupakan karya dari organisasi tersebut. Di satu sisi, tubuh asli Thor, Tony Stark, dan yang lain berada di sebuah ruang tersembunyi di luar angkasa. Tapi, ternyata ada yang lebih buruk dari sebuah kloning.

Dalam cerita Hawkeye: Freefall, Clint Barton kembali menggunakan identitas Ronin. Namun, aksi yang dilakukan oleh Ronin tidak ada kaitannya dengan Avengers. Tanpa disadari oleh yang lain, Barton melakukan dua aksi yang berbeda dalam waktu bersamaan. Di satu sisi dia Hawkeye, di satu sisi dia adalah Ronin. Bagaimana dia melakukan hal tersebut?

Clint ternyata menggunakan sebuah alat minatur perjalanan waktu, yang memungkinkan Barton berada di dua buah tempat secara bersamaan. Tapi, ketika alatnya rusak oleh Spider-man Barton harus melakukan cara lain. Hawkeye menyembunyikan sebuah kotak di apartemennya yang tertulis merupakan milik dari S.H.I.E.L.D. Ketika dibuka, kita diperlihatkan sebuah teknologi bernama Life Model decoy (LMD) dari dirinya sendiri.

Ketika ditanya tentang masalah duplikat, Hawkye mengungkap[kan bahwa SHIELD sudah membangun robot dari Avengers tanpa seizin mereka. Hal itu sengaja dilakukan demi berjaga0jaga jika Avengers tewas dan SHIELD sendiri tidak ingin masyarakat tahu tentang hal ini. Dalam komik Agents of Wakanda, permasalahan ini semakin sulit ketik tim Black Panther bertemu dengan sosok Nick Fury orisinal dan menjelaskan semua permalahannya.

Namun, kemudian mereka sadar jika Nick Fury yang mereka ajak bicara merupakan sebuah “tiruan” alias teknologi LMD. Dia mencoba untuk mengaktifkan kembali program Llivewires Cyborg, yang menurutnya program itu belum benar-benar hancur. Dengan banyaknya kloning, robot, duplikat hal tersebut memunculkan sebuah pertanyaan apakah semua hal tersebut merupakan tanda atau petunjuk dari cerita besar yang sama dengan Secret Invasion.

Dalam cerita tersebut, hampir seluruh pahlawan Marvel yang sering ditemui ternyata merupakan sosok Skrull yang menyamar. Cerita tersebut bisa jadi muncul dalam event terbaru Marvel Comics Empyre, yang akan dirilis pada dua bulan kedepan. Sejauh ini, informasi yang diketahui adalah Empyre merupakan sebuah event pertempuran antara Kree dan Skrull yang mencoba menguasai bumi

Hulkling, yang merupakan pendiri dari Young Avengers, akan memimpin pasukan untuk mengadang atau mencegah peperangan tersebut. Bisa jadi berbagai kloning yang dikumpulkan oleh Vox Supreme ada kaitannya dengan cerita tersebut. Namun, tentu saja bisa jadi semuanya hanya kebetulan saja dan tidak ada kaitannya dengan event yang akan datang. Namun, yang pasti kloning dan duplikat sepertinya memiliki sejarah panjang di Marvel Universe.