Saitama mungkin memang karakter yang paling kuat dalam cerita One-Punch Man sejauh ini, tapi dia dikelilingi oleh berbagai organisasi, kelompok, dan juga faksi. Saat One-Punch Man mulai muncul, kita melihat bahwa Saitama hanyalah seorang pemuda biasa dengan kekuatan luar biasa. Yang cukup unik adalah dia menjadi seorang pahlawan hanya sebagai hobi dan mata pencahariannya.

Ketika Saitama bergabung dengan asoisasi pahlawan, dia kemudian mulai bertemu berbagai karakter dan juga kelompok yang berbeda. Masing-masing mereka memiliki filosofinya sendiri atau memiliki kesamaan dalam suatu hal. Berikut adalah penjelasan tentang kelompok, faksi, dan juga organisasi yang ada di One-Punch Man.

Asosiasi Pahlawan – Asosiasi pahlawan merupakan sebuah kelompok resmi yang menaungi para vigilante atau para pahlawan. Disini juga Saitama bekerja, bersama Genos. Merekalah yang bertanggung jawab atas keamanan kota di seluruh wilayah yang ada di OPM. Organisasi ini membagi para pahlawan ke dalam beberapa kelas, yaitu S, A, B, dan C. S merupakan kelas tertinggi sedangkan C adalah kelas terendah.

Asosiasi pahlawan didanai oleh para pemegang saham, dan mereka-mereka yang memiliki uang. Mereka sengaja berinvestasi dalam bidang keamanan melalui perusahaan atau organisasi ini. Meskipun pada dasarnya mereka merupakan kelompok yang melakukan kebaikan, terkadang mereka juga dikritik karena keputusan yang mereka buat, yang sering berhubungan dengan uang.

The Blizzard Group – Di dalam asosiasi pahlawan, terdapat beberapa grup pahlawan yang bekerja sebagai sebuah unik, dan the Blizzard Group merupakan kelompok yang menjadi “pintu terakhir” pahlawan kelas B untuk masuk ke kelas A. Kelompok ini diketuai oleh Fubuki atau yang biasa dikenal sebagai Blizzard of Hell, dan kelompok ini juga memiliki sekitar 30 anggota dengan kemampuan yang unik. Tapi, mereka memiliki kemampuan utama yaitu telekinesis. Fubuki juga dikenal sebagai pemimpin yang loyal terhadap bawahannya.

Tank Top Army – Subdivisi lainnya yang ada di asoisasi pahlawan adalah Tank Top Army, yang merupakan para pahlawan dengan penampilan yang sama yaitu pakaian tanpa lengan alias Tank Top. Mereka berkumpul karena kecintaan mereka terhadap penampilan ini, dan Tank Top Master adalah pemimpin mereka.

Berbeda dengan Blizzard Group, Tank Top Army tidak hanya ada di satu kelas, melainkan tersebar hampir di semua kelas. Para pasukan Tank Top Army merupakan pahlawan yang menggunakan kekuatan otot mereka ketika bertarung.

The Surly Brothers – Kelompok trio pahlawan ini menggunakan emoji sebagai gimmcik pahlawan mereka. Smile Man merupakan pahlawan dari kelas A, Crying Man yang ada di kelas B, dan Angry Man yang ada di kelas C. Mereka terkenal sangat eksentrik dan mereka juga menggunakan senjata berupa mainan tradisional (namun mematikan) dengan ukuran yang lebih besar, seperti Kendama.

Bang’s Dojo – Dahulu dojo atau tempat latihan milik pahlawan legendaris Silver Fang banyak memiliki murid, yang ingin mempelajari bela diri. Namun, ketika salah satu murid terbaik mereka yaiitu Garou muak dengan semua nilai-nilai kepahlawanan, bahkan sampai keluar dari dojonya dan memburu para pahlawan, akhirnya kini dojo ini hanya tersisa satu murid saja yaitu Charanko. Silver Fang sendiri merupakan pahlawan yang berasal dari kelas S, dan merupakan salah satu dari 3 pahlawan terkuat dari kelas S.

The Swordmasters – Meskipun kelompok atau subdivisi ini tidak berhubungan langsung dengan asosiasi pahlawan, Swordmaster Council memiliki anggota yang sangat kuat seperti Atomic Samurai, yang merupakan pahlawan dari kelas S, dan berbagai ahli pedang lainnya. Mereka membuat unit sendiri untuk menghadapi musuh dan ancaman lain. Atomic Samurai sendiri memiliki bawahan yang berada di kelas yang berbeda, yaitu iaian, Bushidrill, dan Okamaitachi.

Asosiasi Monster – Organisasi ini mirip seperti asoisasi pahlawan, hanya saja yang membedakannya adalah jalan yang ditempuh. Jika asosiasi pahlawan berdiri untuk menjaga keamanan, justru asosiasi monster dibangun untuk mencari monster baru dan menciptakan kekacauan dan teror. Sebenarnya ada seorang wanita yang menjalankan organisasi ini yaitu Psykos, yang merupakan rival dari Tatsumaki.

Namun, Psykos menggunakan sosok Gyoro-Gyoro sebagai “boneka” dari sosoknya. Selain itu, asoisasi monster juga menunjuk sosok monster raksasa yang disebut Orochi, sebagai pemimpin mereka.

The House of Evolution – Organisasi ini merupakan villain pertama yang dihadapi oleh Saitama di awal kemunculannya. Organisasi ini sengaja dibuat oleh Dr. Genus dengan tujuan untuk menciptakan sebuah makhluk hidup yang sesuai melalui ilmu pengetahuan. Berbagai monster seperti Mosquito Girl dan Armored Gorilla berasal dari organisasi ini. Beruntung, Saitama dan Genos berhasil menghancurkan organisasi ini dan Genus pun akhirnya menyerah terhadap misinya.

The Paradisers – Kelompok ini memang hanya tampil sebentar di musim perdana seri animasi One-Punch Man. Mereka merupakan kelompok yang bercita-cita membangun sebuah dunia dimana tidak ada lagi orang yang harus bekerja, dan mereka mau berjuang untuk mewujudkan mimpinya tersebut. The Paradisers tidak memiliki kemampuan bertarung yang mumpuni, oleh karena itu dia berhasil dikalahkan oleh Speed O’Sonic. Yang unik dari kelompok ini adalah mereka semua memiliki gaya rambut yang sama, yaitu berkepala plontos alias botak.

The Organization – Faksi ini memang dikenal sebagai The Organization, dan merupakan sekelompok robot-robot kuat yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan berbagai data dan meningkatkan desain dan kekuatan mereka. Terbebas dari keterkaitan dengan masalah “moral”, membuat mereka akhirnya bekerja sama dengan asoiasi monster.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.