Titan yang merupakan gunung berbatu dalam film Godzilla: King of the Monsters akhirnya diketahui, yaitu Tiamat. Tiamat merupakan salah satu dari beberaoa Titan yang dikonfirmasi eksis di MonsterVerse garapan dari Legendary Pictures. tapi, sayangnya Tiamat tidak pernah diperlihatkan secara fisik.  Filmnya juga tidak pernah mengungkapkan sebelumnya monster atau Titan jenis apa dari Tiamat.

Meskipun begitu, sama seperti titan lainnya yang masih belum terungkap, hubungan mitologis dari makhluk tersebut mungkin akan membantu kita mengungkapkan seperti apa makhluk Tiamat ini. Sebelumnya, dalam film King of the Monsters terungkap bahwa di MonsterVerse terdapat 17 Titan atau monster rakasasa. Diantaranya adalah King Ghidorah, Rodan, Mothra, Kong, dan Godzilla.

Monster-monster lainnya yang juga sudah dimunculkan adalah Scylla, Behemoth, Methuselah, dan M.U.T.O. ketiga. Sedangkan sisanya masih dirahiakan, namun sebuah monitor milik Monarch menampilkan nama-nama mereka dan juga dimana lokasi mereka. Salah satu hal menarik dalam film tersebut adalah tentang adanya laporan bahwa Titan yang ditahan di Stone Mountain atau gunung berbatu sudah melarikan diri.

Gunung tersebut terletak di wilayah Georgia dan masuk dalam pos pengamatan Monarch nomor 53, yang menurut data bahwa di pos tersebut merupakan pos pengamatan dari Titan bernama Tiamat. Tapi, siapa sebenarnya Tiamat? Dalam budaya pop, Tiamat secara umum digambarkan sebagai naga bernafas api dengan kepala tiga, seperti yang diperlihatkan dalam game Dungeons & Dragons. Tapi, Tiamat juga memiliki cerita tersendiri dalam mitologi Akkadian.

Pada masa Babylonia kuno, Tiamat digambarkan sebagai sosok dewi lautan dan dianggap sebagai pencipta bumi ini. Tiamat terkadang muncul dalam wujud manusia, tapi juga terkadang sering muncul dalam bentuk naga. Namun, terkait mengenai deskripsi ini memiliki pendapat masing-masing dari para ahli sejarah, sehingga sangat sulit untuk menentukan secara pasti bagaimana bentuk fisik Tiamat.

Tiamat bisa jadi juga digambarkan di MonsterVerse sebagai seekor Titan naga. Memang, Titan berbentuk naga atau ular ada beberapa di MonsterVerse seperti King Ghidorah, Amhuluk, Leviathan, dan Typhon. Dan sama seperti Amhuluk dan Leviathan, Tiamat erat kaitannya dengan elemen air. Ada kemungkinan jika sebelum Tiamat melakukan hibernasi di bawah gunung batu di wilayah Georgia, dia selama ini berenang bebas di lautan. Dan sekarang, akibat panggilan Ghidorah akhirnya dia kembali bangkit.

Kemungkinan dia kembali masuk ke dalam air dan berenang bebas di bawah lautan. Dengan pertarungan antara Kong vs Godzilla yang akan digelar tahun depan di selenggarakan di rumah Kong, yang notabene merupakan sebuah pulau, bukan tidak mungkin jika Tiamat muncul di film tersebut. apakah Tiamat akan berada di pihak Godzilla atau Kong? Kita nantikan saja filmnya pada 2021 mendatang ya Geeks!