Mutan merupakan orang-orang yang terlahir dengan kemampuan spesial atau khusus, yang menghasilkan sebuah kekuatan super atau perbedaan fisik. Kekuatan mereka bisa biasa saja namun juga bisa sangat luar biasa, seperti melihat sesuatu dari balik tembok atau bahkan mengangkat benda-benda berat. Biasanya para mutan yang mau menggunakan kekuatannya untuk kebaikan akan bergabung dengan tim X-Men.

Dalam dunia mutan, terdapat beberapa klasifikasi kekuatan yang salah satunya adalah mutan dengan level kekuatan Omega yang merupakan level tertinggi. Dalam seri komik House of X dijelaskan bahwa ada 14 nama yang termasuk dalam mutan level Omega. Nama-nama seperti Magneto, Jean Grey, dan Legion memang sudah diperkirakan masuk. Namun, yang menjadi kejutan adalah Bobby Drake alias Iceman ternyata juga dianggap sebagai mutan level Omega.

Sama seperti namanya, Iceman memiliki kemampuan dalam mengendalikan kekuatan es, tapi selain itu dia juga bisa mengendalikan temperatur. Dalam komik X-Men sudah diperlihatkan bagaimana kekuatan dari seorang Iceman, apalagi ketika Emma Frost mengambil alih tubuhnya. Iceman diperlihatkan mampu menciptakan drone animasi yang terbuat dari es dan bisa dia kendalikan secara mental.

Namun, dalam komik Marauders #8 terungkap bahwa Iceman bisa saja menjadi sosok yang mengerikan untuk mutan dengan level Omega. Kate Pryde merupakan pemimpin dari the Marauders, dan juga anggota baru dari Inner Circle yang merupakan perusahaan dibawah naungan Hellfire. Emma Frost merekrut Kate untuk menjadi Red Queen dari Inner Circle, dengan Bishop menjadi Red Bishop.

Apa yang dilakukan oleh Emma ternyata membuat marah Black King, Sebastian Shaw, yang akhirnya membuat rencana untuk menjebak Kate dan membunuhnya. Dia pun tenggelam setelah sebelumnya diikat, dan the Marauders tidak menyadari apa yang sedang terjadi. Bishop akhirnya menemukan tubuh Kate dan menghubungi Emma, yang kemudian memerintahkan the Marauders untuk menjemput Kate dan Bishop dari Madripoor.

Bantuan akhirnya tiba sebelum Bishop diserang oleh sebuah pesawat penyelamat, dan Iceman pun muncul dengan kekuatannya. Iceman yang marah kemudian menyerang kru pesawat tersebut. dia benar-benar menghabisi semua yang ada di pesawat, dengan menurunkan temperatur di dalam pesawat. Semua peralatan para kru dan dinding pesawat pun mulai membeku.

Ketika semua orang kedinginan dan mulai membeku, salah seorang kru justru merasakan kepanasan sampai dia harus membuka baju. Hal ini membuktikan bahwa Iceman mampu mengendalikan temperatur yang ada di dalam tubuh orang lain. Ketika tubuh para kru tersebut mulai membeku, Iceman mulai melepaskan lengan mereka satu persatu.

Bishop sendiri mengingatkan Iceman untuk tidak membunuh manusia, yang merupakan aturan dasar dari penduduk Krakoa. Namun, membuat mereka lumpuh atau cacat tentu tidak dianggap membunuh. Sebelum melakukan teleportasi bersama Bishop, Iceman memperlihatkan kemampuan terakhirnya yaitu frostbite.

Iceman dan Kate Pryde sebenarnya dulu sempat memiliki hubungan yang mendalam, jadi bisa dipahami jika Iceman kemudian marah dan gusar ketika dia mengetahui bahwa orang yang paling dia pedulikan harus tewas karena dibunuh. Bobby Drake sebenarnya merupakan sosok yang periang karena sering melakukan hal-hal konyol. Namun, ketika situasi serius datang dia bisa jadi sosok yang berbahaya.