Tahun 2020 akan menjadi sebuah tahun yang baru bagi Marvel dan juga Marvel Cinematic Universe. Mereka akan memulai Phase 4 dari MCU, yang bukan hanya film tapi kini juga Marvel merilis berbagai TV series. Sebagai pembuka, kita akan disuguhkan oleh cerita Sam Wilson dan Bucky Barnes dalam The Falcon and The Winter Soldier.

Ceritanya sendiri bersetting setelah Avengers: Endgame, dimana Steve Rogers yang sudah tua memberikan tameng Captain America kepada Sam. Tujuannya tentu untuk meneruskan “perjuangan” dari apa yang sudah dia mulai. Berdasarkan informasi yang ada, mulai dari cast, cerita, dan berbagai bocoran yang ada, series ini akan mengadaptasi cerita komik Captain America yang dirilis pada 1980an.

Dalam salah satu ceritanya, Captain America diceritakan pensiun dan pemerintah Amerika pun mencoba untuk mencari penggantinya. Sebenarnya Steve sudah memiliki calon penggantinya sendiri, yaitu Sam. Namun, pemerintah Amerika sepertinya memiliki pilihannya sendiri. Sosok John Walker pun akhirnya dipilih untuk menjadi pengganti Captain America.

Yang menarik adalah dalam teaser yang sempat dibagikan oleh Marvel beberapa waktu yang lalu, kita diperlihatkan bahwa Baron Zemo akan kembali muncul dan tampil di series ini. Tapi, apa sebenarnya rencana Baron Zemo tampil di series ini? berdasarkan foto yang diambil dari set pengambilan gambar, terlihat Zemo sedang berinteraksi dengan Falcon, Bucky, dan Sharon Carter.

Tapi, mereka tidak terlihat sedang bersitegang atau seolah sedang berkonflik. Hal ini yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa Baron Zemo bisa jadi bukan villiain utama dalam seriesnya. Lalu, apa yang sebenarnya diincar oleh Zemo? Salah cerita komik tentang U.S. Agent bisa menjelaskan tentang hal ini dan ada kaitannya dengan Red Skull. Dalam komiknya, Red Skull mengambil alih tubuh dari kloning Steve Rogers dan menyusup ke pemerintahan.

Red Skull secara diam-diam mengatur rencana agar John Walkerlah yang terpilih menjadi Captain America yang baru, dan bahkan dia pun merencanakan kematian dari orang tua Walker. Akhirnya Red Skull pun sukses membuat mental dari John Walker hancur. Red Skull terus mendorong Walker sampai pada puncaknya, dimana dia membunuh kelompok yang membunuh kedua orang tuanya.

Dia kemudian menipu Walker agar berpikir bahwa Steve Rogers sendirilah yang merencanakan itu semua, sambil juga dia memperlihatkan kepada sosok Steve yang asli bagaimana sifat asli seorang John Walker. Red Skull berhasil membangun rencana agar keduanya saling bertempur dan saling bertemu. Walker menyalahkan Steve atas apa yang terjadi selama ini kepadanya, dan Steve sendiri menyalahkan Walker yang telah menghancurkan citra Captain America yang dia bangun bertahun-tahun.

Pada akhirnya Steve memang berhasil mengalahkan John Walker dan merebut kembali titel dan kostum Captain America. Setelah itu, dia pun akhirnya mengetahui siapa dalang sebenarnya dibalik semua peristiwa yang terjadi, yaitu Red Skull dan Steve pun akhirnya berhasil menghentikannya. Inilah cerita yang sepertinya akan diadaptasi dalam series The Falcon and The Winter Soldier.

Tapi, ada beberapa perubahan disini. Karena Red Skull sekarang sudah tidak lagi berada di bumi – dia menjadi penjaga Vormir untuk selamanya – artinya harus ada karakter lain yang mengisi peran tersebut dan itu menjadi “tugas” dari Baron Zemo. Lagipula, dia sudah membuktikan diri bagaimana dia mampu membuat Captain America dan Iron Man saling baku hantam dalam film Captain America: Civil War. Bukan tidak mungkin dia kembali melakukan apa yang menjadi keahliannya tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks apa rencana yang sudah disiapkan oleh Baron Zemo, jika memang dia akan mengisi peran dari Red Skull.