Film Dr. Strange in The Multiverse of Madness akan dirilis pada 2021 mendatang dan akan mengeksplor lebih jauh ide tentang multiverse, yang sebelumnya diperkenalkan di Avengers: Endgame. Filmnya juga akan berkaitan dengan berbagai TV series MCU yang tayang di Disney Plus, seperti Loki dan WandaVision, dimana Scarlet Witch dikabarkan akan bergabung dalam filmnya.

Marvel Universe merupakan sebuah tempat yang penuh dengan multiverse unik dan menarik yang bisa dieksplor oleh MCU. Dengan banyaknya cerita multiverse di komiknya, artinya kemungkinannya juga tidak terbatas. Berikut adalah 10 multiverse besar di Marvel Universe yang bisa dikunjungi oleh Dr. Strange di filmnya.

Realita Fox (Earth Trn 414/Earth 10005)

Film-film X-Men garapan Fox memang sempat mengalami naik dan turun. Bahkan hal tersebut masih berlaku sampai sekarang (sebelum diakusisi). New Mutants merupakan contoh paling anyar, dimana proyek filmnya harus mengalami banyak kendala besar saat proses produksi. Meskipun masih ada orang yang menantikan filmnya, namun sangat diragukan jika filmnya masih “relevan”.

Dengan Disney sekarang menjadi pemilik hak cipta X-Men, semuanya bisa menjadi berantakan. Dan rasanya akan sangat sulit jika New Mutants kemudian akan bisa masuk ke MCU, meskipun Disney tetap mempertahankan Deadpool berkat kesuksesan dan juga popularitasnya. Film Dr. Strange 2 bisa menghadirkan sebuah universe dimana bumi dipenuhi atau dikuasai mutan. Hal itu bisa menjadi jembatan untuk memperkenalkan mutan ke MCU.

Squadron Supreme (Earth-712)

Di salah satu universe Marvel, terdapat sebuah kelompok yang berisi penjahat bernama Squadron Sinister.  Namun, suatu hari, beberapa anggota Avengers melakukan perjalanan ke berbagai multiverse dan akhirnya mereka pun bertemu dengan Squadron Supreme, yang berasal dari Earth-712. Squadron Supreme sendiri sebenarnya merupakan kelompok Squadron Sinister, hanya saja mereka melakukan berbagai tindakan pahlawan dan bukan kejahatan. Sebenarnya, ada banyak sekali versi dari “Squadron” ini di berbagai multiverse Marvel. Jadi, ada kemungkinan mereka akan muncul di MCU.

House of M (Earth 68163)

Mengetahui kabar bahwa Scarlet Witch akan muncul di film Doctor Strange 2 merupakan sebuah kabar yang menarik dan sekaligus mengkhawatirkan. Seperti yang kita tahu, Wanda pernah bermain-main dengan realita dalam cerita House of M, dimana dia membuat sebuah realitanya sendiri dan dialamnya mutan merupakan ras yang superior dibandingkan manusia. Dia juga mengabulkan segala permintaan apapun.

Hanya Wolverine dan Layla, yang ingat dengan situasi dan keadaan dunia sebelum realita yang sebenarnya menyatu dengan realita yang dibangun oleh Scarlet Witch. Ketika Scarlet Witch menyadari kesalahannya, dia bahkan sempat akan menghabisi seluruh mutan yang ada di bumi karena dia kecewa terhadap para mutan dan dirinya sendiri. Bumi kemudian kembali normal, tapi sebagian besar mutan kini tidak memiliki kekuatan apapun.

Marvel Zombie (Earth 2149)

Mungkin multiverse ini paling simpel dan paling populer di kalangan para fans Marvel, maupun fans kasual. Sebuah universe Marvel terkena serangan virus, yang bukan hanya menyerang manusia biasa melainkan juga para superhero. Ketika mereka tewas, mereka tidak benar-benar mati. Mereka kemudian berubah menjadi monster zombie yang mengerikan.

Multiverse ini dirasa cocok dengan konsep yang diusung Scott Derrickson, sebelum dia mengundurkan diri sebagai sutradara dan kabarnya akan digantikan oleh Sam Raimi. Sebelumnya, Derrickson dikabarkan akan membuat Doctor Strange 2 menjadi “film horror” MCU pertama, dimana rumornya salah satu villain Doctor Strange akan muncul, yaitu Nightmare.

Old Man Logan (Earth 807128)

Meskipun rasanya kita tidak akan mungkin melihat universe orisinal dari Old Man Logan, tapi sebuah universe yang terinspirasi dari kejadian dalam cerita komik tersebut bisa saja terwujud. Dalam universe tersebut, seluruh supervillain Marvel berkumpul dan bersatu. Mereka berhasil mengalahkan sebagian besar para pahlawan Marvel, yang akhirnya menciptakan sebuah distopia.

Hulk dan Wolverine merupakan beberapa yang selamat, namun akibat radiasi Gamma dalam dirinya Hulk berubah menjadi tidak terkendali dan gila, sedangkan Wolverine tidak lagi menggunakan cakar miliknya setelah apa yang terjadi di X-Mansion dimana dia membunuh salah satu anggota X-Men akibat ilusi yang diciptakan oleh Mysterio. Ceritanya memang menyedihkan dan penuh kekerasan, tapi di universe ini kita bisa melihat bagaimana villain pun bisa menang dan menciptakan sebuah dunia yang sepi.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2