Siapa yang tidak kenal dengan restoran Krusty Krab, rumah dari makanan paling lezat selautan yaitu Kabby Patty. Krusty Krab merupakan restoran cepat saji yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Bikini Bottom, bahkan hampir setiap hari banyak masyarakat Bikini Bottom yang makan di restoran milik tuan Krabs ini. Tapi, sebenarnya bagaimana sejarah dari Krusty Krab ini?

Krusty Krab memiliki dua orang pegawai setia, yaitu Squidward Tentacles yang bekerja dibalik mesin kasir dan Spongebob SquarePants yang bekerja sebagai pembuat Krabby patty. Terkadang tuan Krabs juga menyewa jasa Patrick Star, tapi tidak pernah lama. Krusty Krab memiliki saingan yaitu Chum Bucket, restoran milik Plankton yang ada di sebrang jalan dari Krusty Krab.

Jika berbicara mengenai origin story darirestoran ini sebenarnya cukup sulit, karena ternyata ada tiga versi origin story dari Krusty Krab. Origin story pertama Krusty Krab muncul di musim ketiga dalam episode “Krusty Krab Training Video”, dimana dalam tayangan tersebut kita dijelaskan bahwa Krusty Krab pada awalnya merupakan sebuah tempat panti jompo bernama “The Rusty Krab.”

Setelah tuan Krabs mengalami depresi panjang setelah dia bergabung di angkatan laut, dia kemudian mendapatkan rumah pensiunnya dan mengubah rumah tempat panti jompo tersebut menjadi restoran. Dia menambahkan huruf “K” di depan nama gedung baru tersebut, dan akhirnya lahirlah restoran Krusty Krab.

Versi kedua muncul di musim keenam dalam episode “Grandpappy the Pirate”, dimana dalam episode dijelaskan bahwa tuan Krabs dulunya merupakan seorang bajak laut, dan Krusty Krab merupakan nama kapal bajak lautnya, yang dia jual setelah pensiun menjadi bajak laut. Bisa jadi setelah dia berhenti menjadi bajak laut, dia kemudian membeli sebuah rumah peristirahatan dan menamainya sesuai dengan nama kapal yang pernah dia pakai.

Cerita origin lainnya muncul di musim kelima dalam episode “Friend or Foe,” dimana dalam episode ini kita juga dijelaskan tentang awal mula persaingan antara tuan Krabs dan Plankton.  Keduanya merupakan steman baik sejak kecil, dan kemudian memutuskan untuk membuka usaha burger setelah Stinky’s Burgers ditutup.

Mereka sempat melakukan berbagai eksperimen untuk membuat patty yang enak dan akhirnya mereka pun berhasil. Namun, mereka kemudian berdebat tentang siapa burger yang terbaik dan mereka pun sampai berebut resepnya. Akhirnya resep tersebut sobek, dimana tuan Krabs mendapatkan sebagian besar resepnya.

Di sisi lain, Plankton hanya mendapatkan salah satu bumbu saja, yaitu “a pinch of chum (sedikit chum)”. Setelah sebuah kejadian yang tidak sengaja, dimana berbagai bumbu masuk ke dalam wajan patty buatan tuan Krabs, akhirnya tuan Krabs berhasil mendapatkan apa yang disebut sebagai “formula rahasia” untuk burger atau Krabby Patty. Akhirnya dia pun membuka usaha restoran burger dan berhasil.

Tidak konsistennya cerita tentang origin story Krusty Krab memang sesuai dengan sikap dan perilaku tuan Krabs, yang tidak mudah percaya untuk memberikan informasi tentang rahasianya atau informasi tentang dirinya. Maka, jangan heran bila di masa depan kita bisa menemukan origin story yang berbeda lagi tentang Krusty Krab.