Spider-Man, layaknya superhero lainnya, memiliki banyak hal dalam hidupnya yang membuatnya menjadi salah satu karakter yang memiliki kostum ikonik dan khas yang menggambarkan sifat dan karakternya. Selain Superman dan Batman, mungkin Spider-Man akan menjadi jawaban orang-orang jika ditanya tentang superhero yang menggunakan kostum. Namun, dengan perjalanan karir Peter Parker sebagai Spider-Man yang tidak sebentar membuat Peter pernah menggunakan berbagai jenis kostum Spider-Man dan dengan fungsi yang berbeda. Berikut adalah berbagai keanehan dalam kostum Spider-Man.

Kostum Tahan Listrik

Kostum ini bisa dibilang menjadi salah satu kostum Spider-Man yang paling nyentrik, yang pernah digunakan oleh Peter Parker/ kostum ini pertama kali muncul dalam komik Amazing Spider-Man #425, dan diciptakan khusus oleh Peter Parker untuk pertarungan melawan Electro. Tanpa diduga, kepopuleran kostum ini ternyata cukup tinggi yang membuat kostum ini sempat muncul di beberapa judul game Spider-Man.

Dari segi desain secara keseluruhan sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan kostum asli Spidey. Namun, beberapa perbedaanya adalah dari segi warna yang menggunakan warna kuning pucat dan berbagai material yang sengaja dibuat khusus agar tahan terhadap aliran listrik. Apakah kostum ini sengaja dibuat untuk kebutuhan mendongkrak penjuala mainannya?  Bisa jadi.

Kostum Pemadam Kebakaran

Bukan hanya dalam cerita komik, dari segi penjualan merchandise pun Marvel ternyata memiliki berbagai “keunikan” tersendiri untuk kostum Spider-Man, seperti kostum pemadam kebakaran yang satu ini. kostum ini memang sengaja diciptakan khusus untuk penjualan merchandise Spider-Man saja, dan tidak dimunculkan dalam cerita komik Spider-Man manapun.

Dengan Spider-Man menggunakan kostum pemadam kebakaran ini, dia terlihat semakin “unik” jika membayangkan sebuah situasi kebakaran dan dia kemudian mengambil kostum pemadam kebakaran.

Kostum Polisi Spider-Man

Bukan hanya kostum pemadam kebarakan, Marvel juga merilis sebuah kostum polisi Spider-man yang khusus dijual untuk merchandise Spider-Man dan tidak dimunculkan dalam cerita komik manapun. Mungkin terlihat cukup aneh dan juga awkward ketika situasi genting muncul, dan Peter Parker kemudian berlari menggunakan kostum Spider-Man dan juga kostum polisinya sebelum menuntaskan kejahatan. Mungkin kostum ini bisa dijadikan DLC dalam game Spider-Man terbaru nanti.

Jungle Web Spidey

Sebagian besar pertarungan Spider-Man dilakukan di tengah-tengah kota padat penduduk dan juga dilakukan di sebuah gedung kosong atau area lainnya di tengah wilayah urban. Karena hal itulah Spidey kemudian menciptakan sebuah kostum yang ramping, ringan dan mudah membaur dengan keramaian. Tapi, bagaimana jika Spidey kemudian menggunakan sebuah peralatan besar, seperti jungle web atau jarng hutan. Tentunya hal itu akan menganggu keadaan masyarakat New York, dan juga akan menghambat setiap gerakannya.

Ninja Spidey

Jika dirasa menggunakan kostum jungle web kurang begitu mencolok dan aneh, ada juga ninja Spidey. Dengan wilayah operasi Spidey di tengah kota New York yang ramai penduduk, menggunakan kostum ninja tentu dirasa sangat aneh, kecuali kura- kura ninja. Dengan warna merah menyala dan memegang pedang katana, Peter tentunya akan menjadi pusat perhatian banyak orang. Dari segi desain sendiri dia terlihat seperti salah satu anggota Ninja Sentai Kakuranger.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2