Dalam cerita Marvel Comics, khususnya dalam seri Iron Man, kita tentunya sudah tahu bahwa James “Rhodey” Rhodes sudah kenal sejak lama dengan Tony Stark. Bahkan Rhodey sudah dianggap sebagai sahabat atau keluarga dekat oleh Stark. Hal ini bisa kita lihat dalam film Iron Man dan beberapa film Marvel di MCU lainnya, dimana Rhodey merupakan orang terdekat Tony.

Rhodey merupakan salah satu dari beberapa orang yang mengetahui jika Iron Man adalah Tony Stark sedari awal. Dalam versi layar lebar, memang Tony Stark sendiri yang menjelaskan kepada Rhodey bahwa dia memiliki sebuah sistem pertahanan baru, yang bisa membantu mengatasi berbagai ancaman yang datang. Meskipun sempat pesimis, namun Rhodey akhirnya setuju dengan konsep Tony bahkan dia pun mendapatkan armornya sendiri.

Tapi, bagaimana dengan versi komik? bagaimana Rhodey pertama kali tahu jika Tony adalah Iron Man? James Rhodes sendiri pertama kali muncul dalam komik Iron Man #118. Jika dilihat sekilas, hubungan Rhodes dan Tony hanya sekedar pilot dan bosnya, yang mana memang seperti itu. Tapi, baru pada volume #120 akhirnya kita tahu bagaimana hubungan sebenarnya diantara mereka berdua.

James Rhodes dan Tony Stark memang sudah kenal lama. Mereka sama-sama pernah bertempur bersama saat perang Vietnam terjadi di dekade 1960an. Rhodes  juga tidak segan untuk membahayakan nyawanya untuk menolong ketika Tony dalam bahaya, seperti yang terjadi ketika dia bertarung melawan Namor the Sub-mariner dimana dia tidak berkutik ketika Namor membawanya ke dalam perairan Atlantik.

Bukti paling jelas dari persahabatan antara Rhodey dan Tony Stark muncul dalam komik Iron Man #125 dimana Iron Man dijebak dan dituduh sebagai pembunuh. Armor iron Man pada saat itu berhasil dicuri dan ketika armor Iron Man tidak sedang dikendalikan oleh Tony Stark melainkan Justin Hammer. Tony berusaha untuk membersihkan namanya pada saat itu, dan Rhodey pun ikut membantu usaha rekannya tersebut.

Mulai dari sana, peran Rhodey dalam cerita komik Marvel selalu diperlihatkan lebih cenderung kepada sahabat terbaik dari Tony Stark. Di komik Iron Man #144 akhirnya kita diperlihatkan bagaimana pertemuan mereka untuk yang pertama kali. Pada saat itu, Rhodey sudah melihat armor Iron Man, namun masih berupa purwarupa.

Sesampainya Rhodes kembali ke wilayah Saigon di Vietnam, akhirnya Rhodes dan Tony bertemu untuk yang pertama kalinya. Tony bahkan menawarkan Rhodey pekerjaan di awal mereka bertemu, sebagai pilot pribadinya. Dalam cerita Iron man #165, kita diperlihatkan bahwa para villain mulai sadar jika Rhodey sangat berharga bagi Tony Stark dan juga Iron Man.

Oleh karena itulah para villain memilih untuk menculik Rhodes agar Iron Man atau Tony Stark menyerah. Hal itu sempat membuat Tony frustasi dan dia pun mulai kebiasaan yang buruk, yaitu meminum minuman beralkohol. Tony merasa bersalah atas apa yang terjadi, dan suatu hari Rhodes berhasil kabur dari sekapan musuh dan berhasil kembali bertemu dengan Tony.

Tony yang masih dalam keadaan mabuk merasa senang dengan kembalinya Rhodey. Dan karena kesalahan yang sudah dia buat, Tony akhirnya melakukan sebuah pengakuan dan permintaan kepada Rhodey. Dengan menggunakan kostum Iron Man, akhirnya Tony mengungkapkan identitas asli dari Iron Man bahwa itu adalah dia kepada Rhodes.

Di saat yang sama, Tony kemudian pingsan karena terlalu mabuk. Tanpa disadari, musuh menyerang salah satu fasilitas milik Stark Industries, yaitu Stark International. Karena keadaan yang tidak memungkinkan, akhirnya Rhodes pun meminjam armor Iron Man milik Tony. Setelah selesai, Stark meminta Rhodes untuk menyimpannya dan Rhodes pun setuju. Akhirnya selama 30 volume komik Iron Man, Rhodes merupakan orang dibalik armor Iron Man.