Ketika ditanya oleh IGN tentang cerita dalam film Uncharted, Tom Holland mengungkapkan bahwa film tersebut rencananya akan menceritakan origin story dari karakter Nathan Drake, jauh sebelum apa yang kita lihat dalam video gamenya. “Saya pikir apa yang film Uncharted tawarkan adalah sesuatu yang tidak dimiliki dalam video gamenya yaitu sebuah origin story dari karakter tersebut. Jadi jika Anda sudah memainkan game tersebut, Anda belum melihat apa yang ada dalam filmnnya. Dan jika Anda belum memainkan video gamenya, maka Anda akan menikmati film ini.”

Pengembangan untuk film Uncharted ini sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2008 lalu, dengan Nathan Fillion yang awalnya akan memerankan karakter utama yaitu Nathan Drake. Pada tahun 2010, David O. Russell kemudian masuk untuk mengambil alih proyek ini sebagai sutradara. Russell pun mempertimbangkan aktor Mark Wahlberg untuk memerankan Nathan Drake, tetapi Russell akhirnya memutuskan untuk keluar tak lama setelah ia memilih Wahlberg.

Setelah kepergian Russell, beberapa sutradara pun pernah bergabung dalam proyek ini seperti Neil Burger, Seth Gordon, Shawn Levy, Dan Trachtenberg, dan terakhir adalah Travis Knight. Namun semuanya secara singkat bergiliran mengundurkan diri. Terakhir adalah Ruben Fleischer yang pernah menggarap film Venom. Fleischer akhirnya ditunjuk untuk mengerjakan proyek film ini, dengan aktor Mark Wahlberg yang akan memerankan karakter Sully yang merupakan mentor bagi Nathan Drake.

Uncharted sendiri merupakan film adaptasi video game yang dikembangkan oleh Naughty Dog. Game aksi petualangan ini dirilis pertama kali pada tahun 2007 dan menjadi game esklusif untuk PlayStation 3. Karena kesuksesan tersebut, Uncharted lantas dibuatkan tiga sekuelnya serta satu prekuel untuk PlayStation Vita. Game terakhir dari franchise Uncharted berjudul A Thief’s End yang rilis pada tahun 2016 lalu.