Melihat apa yang terjadi di musim perdana The Mandalorian dan kemana arah cerita dari musim kedua, muncul kemungkinan bahwa Baby Yoda (atau The Child) akan menjadi Mandalorian Jedi kedua dalam franchise Star Wars. The Mandalorian sukses memperkenalkan Baby Yoda ke dalam cerita, dan bahkan baby Yoda menjadi salah satu daya pikat dari TV series ini.

Karena The Child merupakan bagian dari spesies Yoda – meskipun sudah dikonfirmasi dia bukan keturunannya – dan juga seorang yang Force-Sensitive, menggali informasi tentang siapa sebenarnya sosok baby Yoda dan spesies apa dia sebenarnya sudah menjadi ujung tombak dalam cerita The Mandalorian.

Seriesnya juga sempat menceritakan tentang apa yang terjadi di masa lalu tentang pertempuran antara Mandalorians dan para Jedi. Tapi, ribuan tahun yang lalu seperti yang kita ketahui bahwa salah satu dari Mandalorian ada yang pernah menjadi Jedi. Dengan misi yang diemban Mando, entah melatih Baby Yoda atau menemukan spesiesnya, ada kemungkinan jika dia menjadi Mandalorian Jedi yang kedua.

Original Mandalorian Jedi

Dengan The Mandalorian yang mencoba untuk memperkenalkan dan memperlihatkan budaya Mandalorian, ada salah satu mandalorian yang sangat legendaris sampai saat ini yaitu Tarre Vizsla. Tarre Vizsla merupakan Mandalorian pertama yang menjadi seorang Jedi. Klan Vizsla sendiri merupakan keluarga yang paling populer, dan berkat Tarre Vizsla klan mereka dianggap menjadi yang paling penting.

Ribuan tahn yang lalu sebelum cerita trilogi Star Wars dimulai, Tarre Vizsla bergabung dengan Jedi Order ketika dia masih anak-anak. Dia diajak bergabung setelah diketahui bahwa dia merupakan Force-Sensitive. Sayangnya, tidak banyak hal yang diketahui ketika dia menjadi seorang Jedi, tapi dia dikenal diantara Mandalorian lainnya sebagai pencipta dari Darksaber – sebuah lightsaber berwarna hitam dan salah satu benda langka dalam franchise Star Wars yang muncul di akhir musim perdana The Mandalorian dan dikuasai oleh Moff Gideon.

Setelah Tarre Vizsla tewas, Darksaber disimpan disebuah kuil di Coruscant sampai akhirnya klan Vizsla lainnya mencuri benda tersebut. selama beberapa generasi, Darksaber menjadi sebuah simbol bagi klan Vizsla dan juga Death Watch. Darksaber diturunkan dari generasi ke generasi, dan sekarang Darksaber berada di tangan pihak Imperial, Moff Gideon, yang kemungkinan dia mencurinya ketika dia berada di planet Mandalore.

The Mandalorian Memang Tentang Baby Yoda

The Mandalorian memang memperlihatkan petualangan Din Jarrin alias Mando sebagai seorang Mandalorian, tapi pada kenyataannya derita seriesnya bukan tentang menjadi pemburu bayaran atau membangun apa yang hilang dari ras Mandalorian setelah apa yang terjadi di peristiwa Siege of Mandalore.

Sebaliknya, The Mandalorian justru bercerita tentang melindungi baby Yoda dan mencari tahu siapa dia sebenarnya dan darimana dia berasal. Di musim perdana bahkan kita sudah diperlihatkan bahwa Din Jarrin memiliki misi untuk membawa Baby Yoda kembali, namun justru dia merawat dan melindungi Baby Yoda. Hubungan yang terjadi diantara mereka berdua sudah menjadi aspek penting bagi ceritanya, dan mungkin akan berlanjut di musim kedua atau musim selanjutnya.

Berdasarkan apa yang diperlihatkan di akhir musim perdananya, musim kedua sepertinya akan memperlihatkan Mando yang berusaha untuk mencari dimana rumah Baby Yoda. Baby Yoda bukan hanya ikut dalam perjalanan atau petualangan tersebut. Mando sendiri sudah diberikan perintah oleh the Armorer apakah dia akan dikembalikan ke spesies aslinya atau dilatih untuk menjadi Mandalorian. Hal itu membuka kemungkinan bagi Baby Yoda untuk kemudian menjadi Mandalorian Jedi yang kedua.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2