Hanya Orang Tertentu Yang Tahu

Kebenaran yang sebenarnya tentang abad yang hilang hany diketahui oleh sebagian orang saja. Pemerintah dunia telah melakukan hal yang “luar biasa” untuk membuat penduduk dunia tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Ketika Roger berhasil menuju Laugh Tale, mereka berhasil menemukan rahasia dibalik abad yang hilang.

Rayleigh juga mengkonfirmasi hal ini di awal serinya, ketika dia ditanya oleh Nico Robin di Sabaody. Whitebeard juga tahu tentang abad yang hilang. Roger memberi tahunya tentang abad yang hilang dan semangat D. Pemerintah Dunia khawatir terhadap siapapun yang tahu tentang rahasia besar mereka dan mereka senang ketika bajak laut Roger dibubarkan.

The Grat Kingdom

Kerajaan besar atau Great Kingdom muncul sebelum abad yang hilang. Banyak teori yang menyebutkan bahwa kerajaan tersebut merupakan sebuah kerajaan besar yang memiliki kekuasaan dan juga persenjataan yang sangat hebat. Namun, sayangnya kerajaan tersebut harus hancur akibat serangan aliansi 20 kerajaan lainnya, yang kemudian berkembang menjadi Pemerintah Dunia.

Karena kekuatan mereka yang sangat besar, mereka dianggap sebagai ancaman besar bagi dunia. Sampai saat ini pun masih belum diketahui apa nama kerajaan yang hancur tersebut, namun dipastikan  namanya memiliki kaitan dengan abad yang hilang.

Kejatuhan Shandora

Kerajaan Shandoria dibangun sekitar 1100 tahun yang lalu. Kerajaan Shandora merupakan nenek moyang dari Shandia. Shandora juga dihancurkan oleh aliansi 20 kerajaan yang menghancurkan kerajaan besar ketika abad yang hilang terjadi. Para penduduk Shandia berusaha keran melindungi tempat mereka dan juga Poneglyph yang ada di dalamnya.

Namun, sayangnya mereka tidak cukup kuat menahan gempuran kekuatan gabungan 20 kerajaan tersebut sehingga akhirnya kerajaan tersebut rata dengan tanah. Penduduk Shandia yang tersisa kemudian melanjutkan misi untuk melindungi kerajaan mereka.  Mont Blanc Noland pernah mengunjungi kerajaan ini pada 1122, tapi pada 1127 Shandora dan sebagian Jaya kemudian terlempar ke pulau langit.

Kerajaan Tonatta

Kerajaan Tonatta berada di bawah kekuasaan salah satu Shichibukai, yaitu Doflamingo. Tapi, itu bukan pertama kali kerajaan mereka mengalami masa-masa yang sulit. Sebelum abad yang hilang, mereka juga pernah diserang oleh keluarga Donquixote, yang merupakan pemimpin dari Dressrosa di masa itu.

Pada suatu masa ketika raja Riku berkuasa mereka akhirnya mampu menyelesaikan apa yang terjadi kepada kerajaan tersebut tanpa ada masalah. Mereka sepertinya sudah lupa dengan apa yang terjadi pada abad yang hilang.

Perang Besar

The Great War atau perang besar merupakan kejadian yang paling penting selama abad yang hilang berlangsung. Perang besar tersebut membawa perubahan yang cukup berpengaruh terhadap dunia saat ini. Perang besar tersebut membuat kerajaan Shandora hancur pada tahun 722. Kejadian selanjutnya masih belum dijelaskan kembali, namun Oda mungkin akan membahas tema ini lagi di masa depan.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.