Era yang hilang atau Void Century dalam cerita One Piece, merupakan sebuah misteri besar yang masih belum terpecahkan sampai sekararang. Dalam era yang hilang, banyak peristiwa besar yang terjadi. Oleh karena itulah mungkin ketika Nico Robin mampu membaca seluruh Poneglyph, termasuk kemungkinan Poneglyph terakhir di Laugh Tale, kita akan tahu apa yang terjadi di Era yang hilang tersebut. Era yang hilang meruapakan masa yang tidak tercatat dalam sejarah. Namun, berikut adalah beberapa hal tentang era yang hilang yang mungkin kalian belum ketahui. Apa saja?

Dilarang Mempelajarinya

Hampir semua penduduk di dunia One Piece tidak ada yang mengetahui tentang apapun yang berkaitan dengan era yang hiilang.  Bukan tanpa sebab. Pemerintah dunia sudah melarah siapapun masyarakat di dunia untuk mempelajari tentang sejarah atau apapun yang berkaitan tentang abad yang hilang. Piham pemerintah dunia sendiri tidak mau mengakui secara terbuka apa yang sebenarnya terjadi di masa itu.

Sejarah yang sebenarnya tentang abad yang hilang sebenarnya tertulis dalam Poneglyph atau artefak yang dibuat oleh keluarga Kozuki. Poneglyph sendiri terbuat dari material yang tidak bisa dihancurkan. Oleh karena itulah, pemerintah dunia kemudian menggunakan alasan tentang senjata kuni untuk melarang siapapun untuk mempelajari tentang abad yang hilang.

Kozuki Toki

Kozuki Toki merupakan salah satu karakter yang baru saja diperkenalkan di serinya. Dia merupakan salah satu karakter yang muncul dalam cerita masa lalu Kozuki Oden. Toki bertemu dengan Oden, ketika dia mencoba untuk membuktikan diri bahwa dia pantas bergabung dengan bajak laut Whitebeard. Pada saat itu, Toki terlihat sedang diganggu oleh para bajak laut . beruntung Oden datang tepat pada waktunya.

Dia kemudian ikut berlayar bersama Whitebeard, Oden, dan seluruh kru lainnya. Oden dan Toki kemudian juga menikah di kapal tersebut. Dalam perjalaan mereka, dia mengungkapkan bahwa dia berasal dari era lampau, yaitu pada masa yang hilang. Dia menggunakan kekuatan buah iblis yang dia miliki untuk melakukan perjalanan waktu ke masa depan. Ada kemungkinan jika dia mengetahui tentang hal buruk yang dilakukan oleh pemerintah dunia.

Kelahiran Pemerintah Dunia

Pemerintah dunia memegang kendali penuh atas semua aturan atau apapun yang berjalan di dunia One Piece. namun, pemerintah dunia sendiri baruy muncul di akhir abad yang hilang. Organisasi tersebut diciptakan sekitar 800 tahun yang lalu dan terdiri dari 20 kerajaan yang menyatu untuk menghancurkan kerajaan besar (Great Kingdom) di masa lalu.

Setelah berhasil menghancurkan kerajaan tersebut para aliansi kerajaan itu kemudian membentuk pemerintah dunia dan organisasi ini semakin besar dengan banyaknya kerajaan lain yang bergabung. Hal inilah yang membuat kekuasaan dan kekuatan mereka kuat, dan cenderung tidak tergoyahkan. Mereka mampu menguasai dan mengendalikan dunia.

Kebenaran Dalam Poneglyph

Poneglyph adalah sebuah artefak yang dibuat dari batu yang tidak bisa dihancurkan. Mereka tersebar di seluruh Grand Line dan semua Poneglyph tersebut mengandung informasi penting di dalamnya. Dari Poneglyph yang ada di seluruh Grand Line, ada beberapa tipe Poneglyph yang tercatat dalam seri ini; contohnya Rio Poneglyph yang mengungkapkan tentang abad yang hilang dan juga Road Poneglyph  mengungkapkan lokasi dari Laugh Tale.

Poneglyph tidak bisa dihancurkan dan sejak karena Poneglyph ini mengandung banyak informasi penting, dan bisa memberikan ancaman bagi pemerintah dunia, oleh karena itulah mempelajari atau mencoba untuk membaca tentang Poneglyph tersebut sangat dilarang oleh Pemerintah Dunia. Hanya sedikit orang yang mampu membaca Poneglyph, karena mereka ditulis dalam bahasa kuno. Para penduduk Ohara merupakan bukti bagaimana kekejaman Pemerintah Dunia terhadap mereka yang mencoba untuk mengungkapkan apa yang terjadi di era tersebut.

Joy Boy

Joy Boy merupakan salah satu karakter yang masih sangat misterius dalam cerita One Piece. dia memiliki peran penting di masa lalu, termasuk sebelum era abad yang hilang terjadi. Joy Boy meninggalkan sebuah harta karun yang luar biasa di pulau terakhir, yang kemudian diberi nama Laugh Tale.

Joy Boy juga sempat mengunjungi pulau manusia ikan dan sempat membuat kesepakatan dengan Poseidon untuk membawa para penduduknya ke daratan. Janji yang dialakukan oleh Joy Boy tersebut terjadi 900 tahun yang lalu. Joy Boy dianggap sebagai orang yang hebat, bahkan Gol D Roger pun mengakui hal itu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2