Setelah menjadi salah satu film adaptasi live action paling laris, Aladdin kini akan dibuatkan sekuelnya oleh Disney. Sukses membukukan pemasukan senilar $ 1 miliar di seluruh dunia, wajar jika Disney menilai Aladdin layak untuk dibuat sekuelnya. Untuk itu Disney telah menggaet 2 penulis naskah untuk menggarap cerita original sekuel Aladdin.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cerita sekuel ini akan benar-benar original dan bukan adaptasi dari cerita mana pun. Dilansir dari Variety, Disney telah merekrut John Gatins (Flight) dan Andrea Berloff (Straight Outta Compton) untuk membangun kisah baru Aladdin, Jasmine dan Genie. Hanya saja belum ada kepastian para bintang film pertama semuanya akan kembali. Pasalnya ketiga bintang tersebut sama sekali belum disodorkan kontrak. Hanya saja produser tidak berencana untuk membahasnya dengan mereka sampai naskah baru ini selesai. Meski demikian, sang sutradara, Guy Ritchie dipastikan akan kembali untuk mengarahkan film ini dibalik layar.

Film animasinya sendiri juga sebenarnya memiliki sekuel. Bercerita mengenai kembalinya Jafar dan Aladdin yang mengetahui bahwa ayahnya masih hidup. Hanya saja film tersebut mendapat respon yang kurang baik. Selain itu, Guy Ritchie beberapa waktu lalu juga menyebutkan bahwa ia ingin Aladdin 2 memiliki cerita yang benar-benar original. Maka kemungkinan film ini tidak akan mengambil keseluruhan cerita dari sekuel animasinya.

Dengan resminya Aladdin 2, sepertinya proyek ini akan berjalan cukup cepat. Apalagi sang mega bintang, Will Smith belum terlalu disibukan dengan Bad Boys 4. Begitu pula dengan Mena Massoud dan Naomi Scott. Sedangkan Guy Ritchie baru menyelesaikan film terbarunya yang berjudul The Gentleman dan bersiap untuk memproduksi Cash Truck. Maka bisa kita perkirakan bahwa Aladdin 2 baru akan memulai produksinya ditahun 2021.