1980an – Year Zero

Di era 80an Batman masih meneruskan perkembangan citra Batsuit dari yang awalnya, kaku, terlihat berwarna-warni, sampai kemudian memasukan unsur kegelapan yang dimulai sejak era 1970an. Pada dekade ini, Frank Miller berperan besar dalam melanjutkan citra Batman tersebut. Frank Miller beberapa kali menulis komik Batman, yang semuanya sangat fenomenal.

Yang paling monumental adalah cerita The Dark Knight, dimana kita melihat Batman yang paling brutal dan paling kejam dengan menggunakan kostum Batsuit yang simpel. Miller kemudian berkolaborasi dengan seniman David Mazzuchelli untuk menghadirkan cerita  Bruce Wayne di tahun pertama sebagai Batman dan pelindung kota Gotham, Year One. Kostum di cerita tersebut kemudian menginspirasi hampir setiap kostum Batman yang baru, bahkan kostumnya juga pernah beberapa kali muncul dan menjadi pilihan utama.

1990an – Knightfall

Setelah Tim Burton sukses dengan cerita film Batman yang dirilis pada 1989, Batman mencapai sebuah titik yang baru. Namun, era 1990an juga merupakan titik terendah bagi Batman. setelah Bane mematahkan punggung Batman, seperti yang kita lihat dalam film The Dark Knight Rises, posisi Batman kemudian digantikan oleh Jean-Paul Valley/Azrael, yang kemudian mengubah desain kostum Batman.

Batsuit di era Knightfall ini benar-benar menghadirkan ciri khas dan semua hal yang muncul dalam sebuah kostum superhero di era tersebut. mulai dari kantung atau pouch yang sangat banyak, desain yang kompleks, bahkan sampai adanya  cakar tajam di sarung tangan Batman. Namun, Bruce Wayne kemudian kembali menampilkan kostum “tradisional” Batman ketika dia kembali ke kota Gotham untuk menghentikan apa yang dilakukan Azrael.

Era 2000an – The Dark Knight

Ketika film Batman arapan Tim Burton pada 1989 menghadirkan kostum Batman dalam warna hitam yang solid dan membuat para fans tercengang, hal ini juga kembali terjadi pada era 2000an, terpatnya pada 2005. Pada saat itu, Christopher Nolan menghadirkan trilogi film Batman dan kembali menghadirkan kostum hitam ikonik milik Batman yang digunakan oleh Christian Bale.

Kostum tersebut kemudian sedikit dirubah saat film The Dark Knight muncul, yang mana kostumnya dianggap sebagai representasi kostum Batman yang paling menakjubkan yang pernah muncul di layar lebar. Kostum ini kemudian menginspirasi Batman versi lainnya, seperti dalam game Batman: Arkham series.

Era 2010an – Rebirth

Samas eperti karakter DC lainnya, kostum Batman juga mendapatkan perubahan alias mendapatkan desain ulang dalam New 52 reboot. Beberapa tahun kemudian, DC Universe kemudian kembali melakukan reboot untuk era Rebirth. Berkat Greg Capullo, desain Batsuit versi era Rebirth ini menjadi kostum terbaik di era millenium baru ini.

Kostum terbarunya tetap mempertahankan desain dari Batsuit versi era New 52, sambil juga memberikan berbagai tambahan seperti munculnya warna ungu yang merupakan penghormatan dari desain awal kostum Batman. Desain logonya pun merupakan perpaduan dari versi klasik dan versi era 1970an. Tapi, meskipun Batman mendapatkan kostum yang baru, DC Comics tetap sering kali menghadirkan kostum Batman versi Year One yang ikonik.