Seri manga yang sempat populer di era 2000an, Death Note, kembali muncul dalam versi one-shot yang dirilis pada awal Februari kemarin. Meskipun hanya satu volume, komik one-shot yang berjumlah 87 halaman tersebut merupakan sekuel langsung dari manganya. Dalam cerita terbaru ini, salah seorang Shinigami, Ryuk, kembali mencari anak-anak remaja yang akan menjadi “korban” selanjutnya.

Suatu hari, dia kemudian bertemu dengan seorang remaja bernama Minoru Tanaka. Berbeda dengan Light Yagami, Minoru tidak langsung menerima Death Note tersebut. Dia menunggu dua tahun untuk sebuah rencana yang sangat luar biasa, yaitu menjual Death Note tersebut dengan harga paling tinggi. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan Light Yagami. Meskipun seri terbaru ini mengambil setting beberapa waktu setelah kejadian di manga yang pertama, dalam one-shot ini kita bisa melihat beberapa wajah yang familiar. Siapa saja?

Near

Dengan Light, L, da Mello yang sudah tidak ada lagi, Near merupakan satu-satunya karakter yang tersisa dari cerita orisinal Death Note. Dia juga menjadi satu-satunya dari tiga detektif tersebut yang mampu mengalahkan Kira di akhir cerita. Yang cukup menarik dari karakter Kira di one-shot ini adalah penampilan barunya. Rambutnya tidak dipotong dan juga dia tumbuh lebih tinggi.

Sejak kemunculan kembali Death Note, yang bahkan kabarnya sampai ke negara Amerika, Near atau L tertarik dengan siapa orang baru yang mengatur semua itu. Namun, seiring berjalannya cerita akhirnya Near mengaku kalah dari sosok “A-Kira” untuk yang pertama kali. Near melihat pola yang “aneh” dan tidak biasa dengan menjual Death Note tersebut dibandingkan dengan menggunakannya.

Matsuda

Buat Geeks penggemar seri manga Death Note juga mungkin akan senang dengan kemunculan kembali kepolisian yang sempat menangani kasus Kira, yaitu Matsuda. Matsuda merupakan seorang polisi baru yang sempat bergabung dalam satuan khusus untuk menangkap atau mengungkap siapa Kira sebenarnya. Tapi, kini Matsuda sudah bukan lagi “baka” Matsuda yang dulu.

Dalam cerita one-shot, Matsuda berusaha untuk menghentikan usaha A-Kira menjual Death Note kepada pembeli yang mau membayarnya dengan harga tinggi. Bahkan, dia sempat menyela siaran ketika Ryuk muncul membawa pesan dari Minoru. Sayangnya, kali ini pun Matsuda tidak bisa berbuat banyak dengan Minoru yang berhasil menjual Death Notenya.

Halle Lidner dan Athony Rester

Bersama Stephan Gevanni, Halle dan Rester merupakan bagian dari tim SPK, tim elit gabungan FBI dan CIA yang dikirim pemerintah Amerika untuk membantu Jepang dalam menghadapi kasus Kira. Halle sendiri terbukti merupakan sosok penting saat itu, dia menjadi jembatan antara Near dan Mello.  Namun, kali ini dia bertindak sebagai penjaga bagi Near sekaligus juga menjadi penyambung antara Near dan Matsuda. Dalam kasus A-Kira pun, mereka sempat bekerja sama sampai akhirnya Near memutuskan untuk menyudari penyelidikannya dan melihat hasilnya.

Armonia Justin dan Midora

Selain Ryuk, Shinigami lainnya yang juga muncul dalam one-shot Death Note terbaru adalah Midora dan Armonia. Midora merupakan mahluk yang berbentuk seperti kadal yang muncul dalam one-shot sebelumnya dan memberikan sebuah Death Note kepada “C-Kira.” Sedang Armonia merupakan tengkorak yang berkilauan, dan sempat berseteru dengan Ryuk.

Midora muncul dalam one-shot ini ketika dia memberikan Death Note miliknya kepada Ryuk untuk diberikan kepada Minoru. Sedangkan Armonia Justin muncul di dunia manusia ketika dia meminta Ryuk untuk kembali ke dunia Shinigami. Dia melaporkan bahwa raja Shinigami tidak senang dengan apa yang terjadi, sehingga dia kemudian menambahkan aturan baru di Death Note tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2