Eiichiro Oda merupakan seorang mangaka yang sangat populer dengan karyanya, One Piece. Oda Sensei sering kali membuat cerita yang luar biasa untuk seri manganya tersebut. Namun, selain itu Oda Sensei juga terkenal akan berbagai kejutan-kejutan dan juga twist yang muncul dalam ceritanya. Terkadang, twist yang disuguhkan benar-benar mengguncang para fans juga mempengaruhi jalan cerita.

Oda Sensei juga terkenal akan kecerdasannya, memberikan petunjuk di setiap gambar atau panel yang dia buat. Salah satu contohnya adalah petunjuk tentang arc yang akan muncul di ceritanya. Dalam arc di gambar sampul yang memperlihatkan petualangan God Enel, kita melihat dia pergi ke bulan bersama dengan empat robot.

Yang menarik dari robot-robot tersebut adalah masing-masing mereka memakai kostum atau pakaian yang berbeda. Dan disadari atau tidak, pakaian-pakaian tersebut bisa jadi mewakili arc yang ditampilkan dalam cerita One Piece. Dalam gambar di atas, kita melihat empat orang robot berjejer rapi, dan di tengah-tengahnya terdapat Professor Tsukimi.

Bisa diartikan bahwa ada empat arc utama dalam cerita One Piece, dan Professor Tsukimi bisa jadi merepresentasikan time-skip yang terjadi selama dua tahun. Jadi, dimulai dari robot dengan baju tempur atau zirah. Sepertinya hal tersebut berkorelasi dengan arc Skypiea atau pulau langit. Pakaian tersebut mirip dengan pakaian yang dipakai oleh Gan Fall.

Lalu, robot selanjutnya adalah yang menggunakan pakaian militer serta helm. Hal tersebut dirasa cocok untuk merepresentasikan arc Marineford, yang mana hal tersebut terjadi setelah arc pulau langit, terlepas dari mereka terlebih dahulu masuk dalam cerita Water Seven dan juga Thriller Bark. Namun, arc Marineford tentunya menjadi salah satu sorotan utama dalam cerita One Piece.

Kemudian robot yang ketiga terlihat cukup familiar, bukan? Memang bentuknya mirip sekali dengan samurai, yang artinya robot tersebut merepresentasikan arc atau cerita yang sedang berjalan saat ini yaitu Wanokuni. Oda sendiri pernah mengatakan bahwa Wanokuni menandai hampir 80% cerita One Piece. Lalu, yang menjadi pertanyaannya kemudian bagaimana dengan robot yang terakhir?

Dilihat secara sekilas, robot yang terakhir seperti menggunakan penutup kepala dengan sarung tangan. Bisa jadi, tempat selanjutnya berada di wilayah yang dingin. Tapi, tentunya kita masih perlu menunggu ceritanya dirilis untuk bisa tahu kemana arah selanjutnya. Tapi, berdasarkan tiga robot sebelumnya dengan pakaian yang mereka gunakan mewakili cerita yang terjadi (dan akan terjadi), kemungkinan robot terakhir juga menjadi gambaran tentang arc terakhir atau bisa jadi arc selanjutnya dari cerita One Piece.

Tapi, sama seperti arc Marineford, bisa jadi sebelum kita menuju kesana terdapat berbagai arc yang lebih kecil yang akan terjadi terlebih dahulu. Kita nantikan saja ya Geeks perkembangan cerita selanjutnya dari One Piece.