Siapa yang tidak kenal dengan Superman, salah satu karakter DC paling populer di dunia dan juga merupakan karakter hero paling kuat di DC Universe. Superman sendiri merupakan anggota dari kelompok superhero Justice League, bersama Batman, Wonder Woman, Green Lantern, dan yang lainnya. Dengan segala kelebihannya, wajar jika Superman dianggap sebagai pahlawan yang sempurna.

Jika di universenya, Superman mungkin menjadi karakter hero yang sulit untuk ditaklukan. Tapi, bagaimana jika karakter pesaingnya berasal dari universe lain, dalam hal ini Marvel Universe? Karakter yang bisa menandingi kekuatan Superman adalah Carol Danvers alias Captain Marvel. Dengan kekuatan dan kelebihan masing-masing, siapa yang akan menang diantara mereka jika keduanya bertarung?

Superman

Sejak pertama kali diperkenalkan dalam Action Comics #1 pada 1938, Superman sudah memiliki kekuatan yang kita kenal saat ini, seperti mampu mengangkat benda dengan mudah, kecepatan yang luar biasa, penglihatan yang tajam, serta pendengaran yang sesitiif. Namun, pada 1980 kekuatannya semakin bertambah seperti mampu melihat ke dalam benda, mampu menembakan sinar dari matanya, dan yang paling penting dia kuat sangat kuat dengan serangan apapun.

Meskipun terdengar sempurna, Superman juga memiliki kelemahan yaitu batu berwarna hijau bernama Kryptonite. Sumber kekuatan Superman sendiri berasal dari matahari, yang secara tidak langsung membuat Superman adalah superhero “bertenaga matahari.” Dengan kekuatan yang dahsyat ini, sudah tidak terhitung berapa banyaj villain yang berhasil dikalahkan.

Captain Marvel

Captain Marvel memiliki sejarah yang panjang dalam dunia komik. Di era dekade 70an, nama Captain Marvel sempat dimiliki oleh DC Comics setelah penerbit sebelumnya, Fawcett Comics kalah dalam persidangan terkait dengan plagiarisme karakter Captain Marvel dan Superman. Pada awalnya, Captain Marvel merupakan sosok pria yang kita kenal sebagai Shazam. Sampai akhirnya Marvel mengambil kesempatan untuk mematenkan nama tersebut, dan memberikan perubahan terhadap karakternya.

Dalam komik Marvel, Carol Danvers merupakan seorang pilot pesawat tempur yang sangat handal. Suatu ketika dia terkena radiasi dari ledakan alat yang ada di pesawat tempur milik Kree. Hal itu membuat Carol Danvers memiliki kekuatan yang dahsyat, apalagi setelah Carol memiliki darah seorang Kree yang mengalir di dalam tubuhnya.

Dari segi kekuatan, Captain Marel memiliki persenjataan dan kemampuan yang sangat mumpuni. Dia mampu terbang dalam kecepatan supersonik, mengangkat benda sampai 50 ton, mengeluarkan photon blast, memanipulasi molekul, tahan terhadap serangan apapun dan sebagainya. Namun, puncak kekuatan Carol muncul ketika dia mengakses Binary Mode, yang mana dia memiliki kekuatan kosmik yang sangat dahsyat. Hal ini pernah ditampilkan dalam film Captain Marvel dan Avengers: Endgame.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2