Dengan berisikan para karakter yang kuat seperti Superman, Wonder Woman, Martian Manhunter, Green Lantern, ditambah kecerdasan yang dimiliki oleh Batman, Justice League memang menjadi kelompok pahlawan yang paling kuat di DC Universe yang siap melindungi bumi dari serangan apapun. Tapi, apakah Justice League benar-benar yang paling kuat?

Ternyata ada kelompok lainnya yang berada di atas level kekuatan Justice League. Mereka adalah the Quintessence. Kelompok ini pertama kali muncul di sebuah universe alternatif dalam cerita Kingdom Come, dan kemudian muncul kembali dalam cerita Justice League #39 pada 2018 kemarin. Dalam ceritanya, mereka muncul untuk membantu Justice League menghadapi Perpetua. Para makhluk luar biasa ini terus menjaga dan memperhatikan bumi dan seluruh alam ini. Jika dibutuhkan, mereka akan bertindak melalui perantara. Lalu, siapa saja the Quintessence?

Hera

Sebenarnya, para awalnya Zeuslah yang merupakan anggota dari the Quintessence. Namun, Darkseid membunuhnya dalam komik Wonder Woman #37. Istrinya, Hera, akhirnya menggantikan posisinya di kelompok ini. Tapi, Hera pun tidak kalah kuat dengan Zeus. Hera bukanlah sosok yang asing bagi Diana Prince, karena dia merupakan musuh, sahabat, dan juga pendukung Wonder Woman. Dia pernah meninggalkan kekuatannya, dan tinggal bersama Diana dan kemudian menghilang. Setelah kematian Zeus, dia kemudian mengambil alih kekuasaan Olympus.

Ganthet

Ganthet merupakan makhluk pelindung alam raya yang paling tua. Dia memiliki ketertarikan yang sangat tinggi terhadao bumi. Diantara para penjaga alam raya lainnya, Gathet merupakan sosok yang eomosional dan sentimental. Dia berperna sebagai mentor dan juga ayah bagi Kyle Renner dan juga para Green Lanterns lainnya, terutama mereka para manusia.

Ganthet sudah pernah menghadapi berbagai uji coba dan juga tes selama hidupnya. Dia pernah menjadi Green Lantern, sampai pernah dikendalikan oleh sesama Green Lantern lainnya. Intinya sebagai makhluk tertua penjaga alam raya ini, dia sudah banyak menghadapi asam garamnya kehidupan. Menjadi bagian dari the Quintessence dia kemudian mengabdikan dirinya untuk menjaga alam raya.

Highfather

Highfather merupakan karakter tandingan untuk sosok Darkseid. Highfather memimpin New Genesis dalam peperagan dahsyat melawan Apokolips. Highfather memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dimana kekuatan yang bisa menghancurkan planet sekalpun tidak mempan terhadapnya. Dia memiliki oengetahuan yang sangat luas tentang apa yang terjadi kepada New Genesis.

Highfather pertama adalah Izaya seorang pemimpin yang baik, memimpin dengan penuh kepedulian dan juga seorang mentor yang hebat. Sayangnya, Izaya dibunuh oleh Ares. Semangat dan jiwanya kemudian menyatu dengan the Source dan Takion kemudian menjadi penerusnya.

The Wizard, Shazam

Ketika dia masih berusa remana, sekitar 9.000 tahun yang lalu, Mamaragan dipilih oleh enam dewa untuk menjadi perwakilan mereka atau pilihan utama mereka. Dengan mengucapkan kata VLAREM (huruf pertama dari para dewa tersebut) Mamaragan kemudian akan mendapatkan kekuatan dari dewa-dewa tersebut.

Berabad-abad kemudian dia memutuskan untuk mewariskan kekuatan yang sama, yang diberikan kepada dewa-dewa yang berbeda, Aman dan Teth-Adam. Adam kemudian mencuri kekuatan milik Aman dan membunuhnya. Hal itu dia lakukan agar dia menjadi lebih kuat untuk balas dendam kepada suku Ibac dan pasukannya. Akhirnya Black Adam pun lahir.

Ribuan tahun kemudian, kelompok penyihir terakhir, dan penjaga dari Rock of Eternity, memilih Billy Batson untuk menjadi perwakilan atau pilihan mereka. Billy kemudian menerima tanggung jawab tersebut dan setelah para penyihir tersebut menyerahkan kekuatannya, mereka kemudian pergi ke alam arwah.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2