Klan Uchiha merupakan salah satu klan terkuat dalam cerita Naruto. Mereka terkenal akan Sharingan dan berbagai kekuatan lainnya, yang menjadikannya salah satu klan atau keluarga terpandang di Konoha. Beberapa anggota klan Uchiha yang terkenal diantaranya adalah Madara Uchiha, Sasuke Uchiha, Itachi, Uchiha, dan juga Obito Uchiha. Mereka semua dianggap sebagai shinobi hebat di Konoha.

Sejak musim awal Naruto, kita sudah diperkenalkan akan sosok Obito Uchiha yang ternyata juga sempat memiliki hubungan dengan Kakashi. Baru di musim selanjutnya kita akhirnya tahu apa alasan yang Obito berubah menjadi sosok yang jahat. Apa yang dia lakukan berpengaruh banyak terhadap orang=orang di sekitarnya, termasuk Kakashi. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin belum diketahui tentang Obito Uchiha.

Sempat Ditunjuk Menjadi Penerus Madara Uchiha

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Madara Uchiha. Dia merupakan salah satu pendiri desa Konohan yang berasal dari klan Uchiha, sebelum akhirnya menjadi villain utama di seriesnya. Setelah hampir kehilangan nyawanya dalam sebuah misi, Obito akhirnya bertemu dengan Madara yang melatihnya secara langsung untuk melanjutkan warisan kejayaanya dan demi melanjutkan tujuannya menciptakan sebuah dunia dengan ninja yang sempurna.

Ketika Obito pertama kali bertemu dengan Madara, dia merasa Madara merupakan sosok ayah yang sangat berharga baginya. Apa yang diucapkan oleh Obito tersebut bisa diartikan bahwa dia merupakan pewaris langsung dari sang ninja legendaris. Mungkin itu juga yang membuat Obito akhirnya menggunakan nama Madara ketika dia menjadi pemimpin dari Akatsuki.

Obito Punya Empat Kekkei Genkai

Kekkei Genkai merupakan kekuatan mata yang menjadi salah satu ciri khas dari keluarga Uchiha. Obito pernah memperlihatkan kemampuan terbaiknya dalam seri Naruto Shippuden, dengan menghadirkan berbagai kemampuan teknik Kekkei Genkai yang dia miliki. Dalam Perang besar ninja keempat, kita juga melihat bagaimana Obito menggunakan empat Kekkei Genkai yang berbeda.

Tiga Kekkei Genkai yang pertama merupakan kekuatan mata yang memang dia kuasai, yaitu Sharingan, Mangekyou Sharingan, dan Rinnegan. Sebagai seorang Uchiha, sudah otomatis dia memiliki kemampuan Sharingan. Namun, dia kemudian berhasil mendapatkan kekuatan Mangekyou setelah melihat kematian rekannya, Rin, di tangan sahabatnya yaitu Kakashi. Rinnegan dia dapatkan setelah kematian Nagato, dan kemudian dia memasangkannya sendiri ke tubuhnya.

BACA JUGA: Sony Garap Film Marvel Misterius Untuk Tahun 2021!

Teknik Genkai Kekkei yang keempat merupakan teknik pelepasan elemen kayu yang diberikan kepadanya setelah Madara mengganti tulang rusuknya yang patah dengan daging milik Hashirama.

Obito Juga Pengguna Elemen Api

Dalam permainan game Naruto seperti Ultimate Ninja Storm, beberapa karakter tertentu seperti Obito bisa menggunakan teknik bertarung lain selain jutsu yang tidak pernah ditampilkan di seri anime atau manganya. Dalam versi kedua gamenya, kita diperlihatkan bahwa Obito ternyata bisa menggunakan teknik lainnya yaitu teknik elemen api. Hal ini serupa dengan teknik Katon milik Sasuke.

Sebenarnya Obito pernah menggunakan teknik api ini ketika dia masih kecil, dan itu satu-satunya teknik api yang dia gunakan di sepanjang serinya. Tentunya hal itu membuat sebagian para fans penasaran dengan teknik apa lagi yang sebenarnya dikuasai oleh Obito, selain elemen api. Apakah dia juga menguasai elemen air atau elemen alam lainnya? bisa jadi.

Memiliki Rencana Untuk Menyerang Konoha Yang kedua Kalinya

Setelah menyerang desa Konoha ketika Naruto baru lahir, Obito memiliki rencana lainnya untuk kembali menyerang tempat yang menjadi desa kelahirannya tersebut. Namun, Itachi kemudian berhasil mengetahui tentang Obito dan rencana penyerangannya ke desa Konoha. Itachi kemudian malah mendekati Obito dan membuat kesepakatan dengannya untuk menghabisi seluruh klan Uchiha.

Sebagai gantinya, Obito pergi dari Konoha dan tidak menggangu lagi desa tersebut dan akhirnya kesepakatan pun terwujud. Kesepakatan itulah yang menjadi alasan mengapa Itachi kemudian menghabisi seluruh klannya, dan menyisakan sang adik, Sasuke, dengan tujuan menjadi pelindung dari desa tersebyt. Sebenarnya itu merupakan pengorbanan yang dilakukan Itachi demi bisa menghentikan usaha Obito menghancurkan Konoha.

BACA JUGA: Simak Detail Armor Epik Wonder Woman, Golden Eagle!

Tobi Adalah Obito

Ketika kita pertama kali diperkenalkan sosok Obito, mungkin banyak yang sadar jika dia sebelumnya menggunakan nama Tobi. Tobi merupakan alter ego dari Obito yang memiliki sifat dan perilaku yang berbanding terbaik dari Obito. Dia sering bertindak konyol dan menjadi “hiburan” bagi Akatsuki. Tapi, sebenarnya hal itu  berasal dari White Zetsu.

Berdasarkan databook keempat ternyata hal tersebut ada kaitannya dengan topeng yang dipakai Tobi, yang terbuat dari tubuh White Zetsu. Alter ego dari Obito ini membuatnya bisa bekerja dibalik layar dalam mengatur berbagai rencana Akatsuki kedepannya, dan memastikan agar semua rencana tersebut berjalan dengan baik. Sebagian tubuh White Zetsu yang ada di diri Obito membantunya membentuk topeng yang digunakannya sehari-hari, sampai akhirnya identitasnya terbongkar.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2