Dalam cerita Thor, Jane Foster bukan hanya sekedar kekasih dari Thor saja. Jane juga memiliki peran penting bagi masyarakat Asgard. Dia merupakan sosok pengganti Thor, ketika Odinson kehilangan kekuatannya. Meskipun dia hanya manusia biasa, Jane tetap berani dan berada di barisan terdepan demi melindungi Asgard dan warganya. Dia juga rela mengorbankan kesehatan bahkan nyawanya.

Hal itulah yang membuat Odin terkesan, dan akhirnya dia kembali dibangkitkan untuk menjadi seseorang yang baru. Dia bukan lagi mengisi peran Thor, tapi menjadi salah satu prajurit terbaik Asgard, Valkyrie. Marvel Comics sudah memulai debut Jane Foster sebagai Valkyrie dalam komik solonya Valkyrie. Berikut adalah beberapa trivia mengenai Jane Foster sebagai Valkyrie.

Permintaan

Seperti yang disebutkan di atas, Jane Foster benar-benar mengabdikan hidupnya sebagai seorang Thor. Dia rela mengorbankan semuanya, termasuk nyawanya demi melindungi masyarakat Asgard dengan kekuatah Mjolnir dan Thor yang ada dalam dirinya. Namun, takdir berkata lain ketika dia harus meninggal karena kanker yang diderita akibat transformasinya menjadi Thor.

Sampai akhirnya arwah dari Bunhilde berbicara kepadanya dan meminta sesuatu yang spesifik kepadanya. Dia meminta Jane untuk menjadi seorang Valkyrie, penerus dirinya dan setelah pertimbangan yang matang akhirnya Jane Foster menerima tawaran tersebut. Dia pun akhirnya menjadi salah satu ksatria terkuat yang ada di Asgard.

Hubungan Dengan Masa Lalu

Berbicara mengenai Brunhilde, ada sebuah koneksi yang sangat pentingyang patut untuk diketahui. Jane Foster dulunya merupakan sahabat dari Brunhilde, seorang Valkyrie. Itulah salah satu alasan terbesar yang membuat akhirnya Jane Foster mau  dan setuju dengan permintaan yang diajukan oleh Brunhilde. Baginya, ini merupakan sebuah permintaan dari seorang sahabat.

Ada hal lain yang juga patut untuk diketahui. Brunhilde tidak memiliki tubuhnya sendiri, ketika dia tewas. Dia memiliki sebuah koneksi dengan seorang perempuan biasa, yang merasa sangat kehilangan ketika Brunhilde tewas. Orang tersebut juga merupakan perantara dari Brunhilde untuk kemudian meminta Jane menjadi seorang Valkyrie.

Transformasi dan Kekuatan

Sama seperti banyak transformasi superhero, Jane mendapatkan banyak sekali perubahan ketika dia berubah menjadi seorang Valkyrie. Pada dasarnya, perubahan yang terjadi pada diri Jane bisa dibayangkan seperti sebuah transformasi sihir, yang digabungkan dengan elemen dasar para pahlawan Marvel. Hasilnya adalah Valkyrie terbaru versi Jane Foster.

Valkyrie memiliki banyak kekuatan manusia super, termasuk kekuatan super, kecepatan, dan juga penyembuhan. Dia juga memiliki daya tahan yang luar biasa dan memiliki pemahaman yang fantastis tentang berbagai senjata, khususnya senjata magis dan yang biasa digunakan oleh para pejuang Asgard.

Ramalan Kematian

Selain memiliki kekuatan super dan pemahaman tentang berbagai senjata magis, salah satu hal (kemampuan) yang membuat seorang Valkyrie tidak bisa dianggap remeh adalah kemampuan meramal tentang kematian. Sesuai dengan namanya, seorang Valkyrie bisa mengetahui siapa yang kemudian akan tewas atau memiliki peluang untuk tewas di dalam kepalanya.

Bisa dibilang mungkin inilah kekuatan yang membuat seorang Valkyrie menghabiskan waktu yang lama, karena pastinya akan terasa sangat sulit untuk bisa mengendalikan atau mengatur kekuatan tersebut. Jane Foster sendiri pasti memiliki kemampuan ini, dan dia masih belajar tentang tanggung jawab ini. Terkadang dia masih bingung bagaimana mengendalikan kekuatannya tersebut.

Teleportasi

Kekuatan seorang Valkyrie bukan hanya itu saja. Ada kekuatan dahsyat lainnya yang juga dimiliki oleh seorang Valkyrie, yaitu teleportasi. Selain Thor, memang Valkyrie juga memiliki akses kekuatan yang sangat luar biasa. Seorang Valkyrie bisa melakukan teleportasi ke lokasi manapun, baik yang ada di bumi maupun ke alam lainnya atau dibutuhkan untuk mengirimkan seseorang ke tempat asal mereka. Meskipun detail ini tidak terlalu penting, namun dirasa sangat vital untuk menunjang tugas mereka.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.