Marshall D. Teach merupakan salah satu karakter One Piece yang misterius, yang sampai saat ini masih belum jelas mengenai asal usulnya. Awalnya, Teach diketahui memiliki masalah dengan Whitebeard setelah dia membunuh salah satu rekannya, Thatch. Hal itu membuat Blackbeard kemudian kabur dan menjadi buronan bagi kru bajak lautnya, dan Ace pun mencoba untuk menghentikannya.

Seiring berjalannya waktu, Blackbeard kini menjadi salah satu karakter terkuat dengan memiliki dua buah iblis. Setelah mendapatkan buah iblis Yami Yami no Mi, dia mengambil kekuatan Gura Gura no Mi milik Whitebeard. Banyak pertanyaan muncul tentang sosok Blackbeard dengan segala keanehannya. Salah satu pertanyaannya adalah bagaimana jika dia sebenarnya memiliki kepribadian yang berbeda atau ganda alias multi personality disorder?   Salah satu buktinya adalah dengan adanya tiga tengkorak di bendera bajak lautnya. Dalam pembahasan sebelumnya, memang disebutkan jika Teach bisa jadi terinspirasi dari salah satu makhluk jahat dalam kepercayaan Hindu-Buddha, yang memiliki tiga kepala. Ada juga teori para fans yang menyebutkan bahwa dia memiliki monster dalam tubuhnya sehingga dia memiliki tiga kepala.

Jika memang Blackbeard memiliki kepribadian ganda, mungkin hal tersebut bisa menjadi penjelasan bagaimana dia bisa memiliki lebih dari satu buah iblis. Padahal normalnya manusia hanya bisa memiliki satu buah iblis saja. Bukan tidak mungkin dia akan mencari satu buah iblis lagi, sehingga dia memiliki tiga buah iblis di akhir cerita One Piece.

Kepribadian yang dimiliki oleh Blackbeard sepertinya merupakan “campuran” dari keberanian, penakut atau rasa takut, strategi, dan juga kecerobohan. Terkadang dia bisa terlihat lemah, terkadang dia terlihat seperti orang yang sangat kuat, dan terkadang pula dia terlihat seperti orang yang memiliki ambisi besar. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing kepribadian.

Kepribadian Pertama : kepribadian ini pertama kali kita lihat di Mock Town ketika dia bertemu dengan Luffy untuk yang pertama kali. Dia memiliki beberapa kesamaan sikap dengan Luffy seperti nafsu makan yang sangat besar, tidak peduli dengan apapun, sangat senang bersaing, dan juga sikapnya selalu ceroboh, tidak memperdulikan apa yang terjadi selanjutnya, dan memiliki ambisi besar untuk menggapai mimpinya.

Dia juga memiliki beberapa kesamaan lainnya dengan Luffy. Terkadang dia menghina lawannya di tengah-tengah pertarungan dan bahkan menantang para karakter yang dianggap kuat, seperti yang Luffy lakukan terhadap Whitebeard dan Sengoku di Marineford. Blackbeard, sama seperti karakter pemilik tekad D. lainnya, juga memiliki kepercayaan teradap takdir dan mimpi manusia. Dia sangat berambisi menjadi seorang bajak laut.

Kepribadian Kedua : Kepribadian ini sangat berbeda jauh dengan kepribadian yang pertama. Kepribadian yang kedua ini menunjukan seberapa jahat dan haus akan kekuatan sosok Blackbeard. Dia terlihat cerdas dalam merencanakan semua aksi-aksi jahatnya, dan berhasil mengimplementasikan semua rencananya dengan sangat baik.

Dia tetap berada di bawah bayang-bayang Whitebeard, demi mendapatkan buah iblis terkuat Yami Yami no Mi. Butuh sekitar 30 tahun bagi Teach berada di kapal Moby Dick dan menjadi bawahan Whitebeard sebelum dia kemudian membunuh Thatch dan mencuri buah iblis tersebut. Hal tersebut membuktikan bagaimana determinasi dan kegigihannya menuju sebuah tujuan.

Bahkan rencana jahat yang sudah dia bangun berhasil membodohi angkatan laut dan pemerintah dunia, dengan cara memanfaatkan peringkat Shichibukai yang dia miliki untuk membebaskan tahanan level 6 di Impel Down dan kemudian direkrut untuk menjadi kru bajak lautnya. Tidak diragukan lagi Blackbeard merupakan karakter yang paling cerdas dalam cerita One Piece.

Kepribadian Ketiga : kepribadian ini merupakan kepribadian yang memperlihatkan bagaimana seorang Blackbeard takut akan kematian dan bertindak sebagai pengecut. Seperti yang diperlihatkan beberapa kali, Blackbeard bertindak seolah-olah dia tidak berdaya dan lemah. Dan kapanpun ketika dia mengambil tindakan pastinya akan berakibat fatal, berkat kekuatan Yami Yami no Mi yang dia miliki.

Takut akan kematian juga seolah memperlihatkan jika dia bukanlah salah satu orang yang memiliki tekad D. Karakter lain yang memiliki tekad yang sama terlihat menyambut kematian tersebut, sehingga mereka mati dengan cara tersenyum seperti yang dilakukan oleh Ace atau Roger. Sebelum mati, Whitebeard sempat mengatakan bahwa Teach bukanlah orang yang dinantikan oleh Roger dan dia mengatakan bahwa Teach tidak akan mampu meneruskan warisan dari Roger.

Featured Image Art By: Alan Sales