Lex Luthor memang telah berganti-ganti peran yang berbeda di DC Comics. Ia merupakan villain jenius yang telah menjadi anggota dari Justice League dan ia juga pernah memimpin Legion of Doom dan menjadi bagian dari Secret Six. Namun, peran Luthor yang paling mencolok adalah saat ia menjadi Darkseid baru sekaligus Superman baru. Peran Lex Luthor sebagai Superman sendiri diceritakan dalam komik Justice League #52 yang dirilis pada tahun 2016 lalu.

New 52 merupakan universe yang sangat menarik bagi para pahlawan dan juga villain. Dalam kasus ini, Luthor terlihat bekerja sama kembali dengan Justice League. Dalam Darkseid War, Lex Luthor membantu Justice League untuk melawan Darkseid dan Anti-Monitor. Namun setelah penguasa Apokolips itu terbunuh dalam sebuah pertempuran, Luthor lantas menyerap energi dari Anti-Life Equation dan mengambil gelar sebagai Dewa Apokolips.

Lex Luthor akan menggunakan Apokolips Motherbox untuk membuat baju besi (armor) yang terinspirasi dari Superman dengan menampilkan lambang S di dadanya. Setelah ia membuat dan mengenakan armor tersebut, Lex menyatakan dirinya sebagai Superman baru ketika ia kembali ke Bumi. Pada saat itu, tidak ada yang menampik pernyataan dari Lex Luthor tersebut, karena Superman asli dianggap telah mati setelah dikalahkan oleh kekuatan Kryptonite dalam The Final Days of Superman.

Kini, Lex Luthor akan menggantikan Superman dengan mencoba jalan yang lebih heroik. Tetapi setelah beberapa kali beraksi dan melakukan perbuatan baik, Superman asli kembali muncul. Waktu bagi Lex Luthor untuk menjadi seorang Superman pun tak bertahan lama. Tetapi hubungannya dengan kekuatan Apokolips masih belum berakhir. Sekarang kita pun tahu bahwa niat heroik dari Lex Luthor segera menghilang setelah Superman kembali.