Film Toy Story 4 berhasil memenangkan penghargaan sebagai Best Animated Feature Film dalam acara Academy Awards 2020 yang secara resmi dimulai pada hari Minggu malam (waktu setempat). Dengan pencapaian tersebut, film yang digarap oleh Josh Cooley ini berhasil mengalahkan empat film lainnnya seperti Klaus, Missing Link, How to Train Your Dragon: The Hidden World, dan terakhir adalah I Lost My Body.

Dalam pidatonya, sang produser dan sutradara Toy Story 4 yaitu Josh Cooley, Jonas Rivera dan Mark Nielse secara bergantian mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada para penggemar Toy Story yang tetap setia untuk menonton franchise ini bahkan sejak tahun 1995 lalu. “Toy Story 4 adalah surat cinta kepada keluarga kami, kepada orang-orang yang kami cintai.” Ungkap Josh Cooley.

Dengan begitu, ini adalah film kedua dalam franchise Toy Story yang berhasil mendapatkan trofi sebagai film animasi terbaik. Sebelumnya film Toy Story 3 yang digarap oleh Lee Unkrich juga berhasil mendapatkan 2 penghargaan Oscar sekaligus dalam nominasi Best Animated Feature Film dan juga Best Achievement in Music di tahun 2011 lalu.

Tentu kesuksesan dari film ini juga tak lepas dari tangan dingin Pixar. Sejak 24 tahun terakhir, Pixar telah membuat banyak film-film animasi hebat. Kesemua film garapan studio mereka memang selalu mendapat ruang di hati penggemarnya, sebut saja Cars, The Incredibles, Finding Nemo dan Toy Story yang kesemua film tersebut mendapat respon yang baik dari segi kritik maupun finansial, sampai-sampai mereka membuat beberapa film sekuelnya.

Toy Story 4 memang membawa franchise Toy Story ke sebuah hal yang tak terduga, apalagi ketika Buzz dan Woody melanjutkan petualangan baru. Tetapi walau sukses dipasaran, banyak orang yang beranggapan bahwa film ini tak perlu dibuat, apalagi setelah akhir yang emosional dalam film Toy Story 3.