Film Parasite berhasil mencetak sejarah dalam acara Academy Awards 2020 yang digelar pagi ini, di mana film tersebut menjadi satu-satunya film Asia yang memenangkan film terbaik atau Best Picture dalam ajang bergengsi tersebut. Sontak, para artis yang menghadiri acara Academy Award berdiri dan memberikan tepuk tangan yang meriah kepada sang sutradara yaitu Bon Joon-Ho dan juga kepada seluruh pemain dalam film tersebut.

Selain mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik, film Parasite juga memborong 3 penghargaan lainnya yaitu sebagai Best Director untuk sang sutradara yaitu Bong Joon-Ho, Best Original Screenplay untuk Bong Joon-Ho, dan terakhir adalah penghargaan Best International Feature Film. Dengan begitu, film Parasite berhasil memboyong 4 penghargaan sekaligus dari ajang Academy Awards 2020.

Parasite merupakan film satire yang menceritakan kesenjangan sosial dan ekonomi antar dua keluarga, yaitu keluarga Park dan Kim. Secara perlahan, satu persatu anggota keluarga Kim akhirnya dapat menipu keluarga Park hingga mereka dapat bekerja pada keluarga kaya raya tersebut. Hubungan keluarga Park dan Kim akhirnya terus berkembang hingga akhirnya suatu tragedi mengejutkan terjadi.

Walaupun terlihat sebagai film fiksi, tetapi Bong Joon-Ho mengungkapkan bahwa film Parasite terinspirasi dari kisah nyata yang pernah ia alami. “Parasite terinspirasi oleh pengalamanku ketika aku mengajari seorang anak laki-laki dari keluarga yang jauh lebih kaya.” Ungkap Bong Joon-Ho saat diwawancarai. Meskipun namanya makin bersinar sejak menyutradarai film Parasite, tetapi Bong juga sering terlibat dalam beberapa film besar.

Film besar yang pernah ia garap sebelumnya adalah Snowpiercer pada tahun 2013 yang dibintangi oleh Chris Evans dan Ed Harris, dan pada tahun 2017 lalu, ia juga menyutradarai film Okja yang dibintangi oleh Jake Gyllenhal dan juga Tilda Swinton.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/