Frieza

Frieza, rasanya semua penggemar Dragon Ball kenal dengan sosok android mengerikan ini. Dia merupakan salah satu musuh terkuat yang dihadapi oleh Goku di awal cerita Dragon Ball. Sempat menjadi karakter yang paling kuat, Frieza berhasil menghancurkan berbagai planet yang ada di tata surya dan berbagai kehidupan di dalamnya. Dia juga yang bertanggung jawab atas hancurnya planet Vegeta, seorang villain yang mengerikan dan monumental.

Frieza merupakan villain yang membuat Goku berubah menjadi seorang Super Saiyan untuk yang pertama kalinya dalam cerita Dragon Ball. Meskipun dia sudah berhasil dikalahkan beberapa kali, Frieza tetap kembali muncul lebih kuat dan lebih kuat. Inilah yang membuat Frieza menjadi salah satu villain yang fenomenal, berkat kemampuan dan “kegigihannya.”

Moro

Dibandingkan dengan Beerus, Moro mungkin berada satu tingkat di atasnya. Moro merupakan villain yang dihadapi oleh Goku dan Vegeta dalam seri Dragon Ball Super terbaru. Wujudnya memang terlihat seperti kambing atau domba tua yang tidak berdaya. Tapi, siapa sangka dibalik itu semua Moro merupakan seorang penyihir, ahli bela diri, dan juga villain yang paling kuat yang pernah dihadapi Goku dan Vegeta sejauh ini.

Moro memiliki kekuatan yang disebut “Super Saiyan-Killer”, dimana dia mampu menaklukan kemampuan Super Saiyan. Dia juga berbeda dengan villain lainnya, disaat villain lain menghancurkan sebuah planet dia justru mengkonsumsinya dengan cara menghisap energi kehidupan di dalamnya. Dia bahkan sempat dipenjara selama 10 juta tahun, dan berhasil kabur ketika dia mengetahui ada planet Namek baru yang muncul. Moro menjadi alasan mengapa Goku dan Vegeta mendapatkan form Ultra Instinct mereka.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.