Hampir di setiap cerita selalu ada villain atau antagonis yang muncul, entah itu untuk menghancurkan dunia, menguasai dunia, atau bahkan menghancurkan kehidupan dari sang protagonis. Hal ini juga berlaku dalam cerita anime atau manga, khususnya dalam seri karangan Akira Toriyama, Dragon Ball. Kehadiran para villain menjadi penting demi berkembangkan kemampuan karakter utama, Goku.

Seperti yang kita tahu, kekuatan Goku seiring waktu selalu bertambah kuat dan kuat. Hal itu dikarenakan musuh atau villain yang dihadapinya pun semakin kuat dalam arc yang berbeda. Dengan musuh yang semakin kuat, membuat Goku pun harus ekstra keras latihan agar tidak dikalahkan dua kali oleh musuh yang sama. Berikut adalah beberapa karakter yang fenomenal dalam cerita Dragon Ball.

Beerus/Lord Beerus

Rasanya mungkin hampir setiap penggemar Dragon Ball menyukai salah satu villain paling mengerikan ini. Dia adalah Beerus atau Lord Beerus, sang dewa penghancur. Sebenarnya, dalam cerita Dragon Ball sendiri Beerus tidak benar-benar jahat alias bukan sosok villain seperti Frieza atau Moro, meskipun memang dia berniat untuk menghancurkan bumi dengan kekuatannya.

Alasan Beerus ingin menghancurkan bumi sebenarnya sepele, karena Buu tidak mau memberikan puding miliknya. Berbeda dengan para villain pada umumnya, sebagai seorang dewa penghancur dia agak bosan dengan perannya. Oleh karena itulah dia lebih berfokus untuk mencari makanan terenak di setiap planet, sampai akhirnya dia menemukannya di bumi. Beerus juga yang membuat Goku dan Vegeta harus kembali berlatih demi bisa mengalahkan Beerus. Uniknya, di akhir ceria Beerus justru menjadi guru bagi Goku.

Broly

Memang ada banyak Saiyan dalam cerita Dragon Ball Z, namun tidak ada dari para Saiyan tersebut yang seperti Broly. Ketika dia dalam form manusia biasa, dia hanyalah seorang pria bisa yang tidak terlihat seperti seorang yang ganas, dan haus akan pertarungan dan darah. Tapi, dibalik penampilan tersebut terdapat monster yang bersemayam yang bisa tiba-tiba muncul ketika dia marah.

Setelah bertahun-tahun menderita akibat sering disiksa oleh ayahnya, Broly kemudian menumpahkan kemarahannya dan menghancurkan apa pun yang ada di depan matanya. Semakin marah semakin Broly bertambah kuat. Inilah yang membuat Goku dan Vegeta sempat kesulitan untuk menghadapi Broly. Dia bahkan harus berlatih demi mendapatkan form baru, yaitu Super Saiyan God.

Majin Buu

Karakter bertubuh gempal, bewajah lucu, dan berwarna pink Buu tentunya tidak ada yang menyangkan jika dia merupakan salah satu villain mengerikan dalam cerita Dragon Ball. Buu merupakan salah satu villain fenomenal karena dia merupakan salah satu karakter paling kuat di universe tersebut. Kekuatannya sangat dahsyat, bahkan dia berhasil mengalahkan Super Saiyan 2 milik Vegeta.

Majin Buu juga merupakan alasan Goku mencapai Super Saiyan 3 untuk pertama kalinya. Yang membuatnya mengerikan adalah kemampuannya untuk bertransformasi alias berubah, juga situasi mental Buu yang tidak stabil. Dia memiliki kemampuan unik, dimana setelah mengalahkan musuhnya dia akan menghisap energi atau kekuatan dari musuh tersebut, yang membuatnya semakin bertambah kuat.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2