Mulai hari ini, film pembuka dari DC Film dan Warner Bros. di tahun 2020 yaitu Birds of Prey (And the Fantabulous Emancipation of One Harley Quinn) tayang di berbagai bioskop di Indonesia. Dibandingkan dengan Justice League, memang Birds of Prey lebih familiar di kalangan para pembaca komik DC. Tapi, jangan khawatir, berikut adalah beberapa panduan dan karakter dari Birds of Prey.

Siapa Birds of Prey

Dalam cerita komiknya, Birds of Prey merupakan nama resmi dari sebuah tim pahlawan yang memiliki jumlah anggota sebanyak lebih dari 20 orang. Namun, ada tiga yang menjadi tim inti dari Birds of Prey yaitu Batgirl, Black Canary, dan Huntress. Secara teknis, dua dari tiga karakter tersebut akan muncul di dalam filmnya, dan juga sosok Cassandra Cain (yang merupakan sosok dibalik kostum Batgirl dalam komiknya) akan muncul sebagai seorang anak kecil.

Meskipun dalam komiknya Batgirl Barbara Gordon merupakan sosok pendiri dari Birds of Prey, namun ada sedikit perubahan dalam segi cerita di filmnya karena di satu sisi DC dan WB pun sedang mempersiapkan film solonya. Ada juga para karakter tambahan seperti Renee Montoya, yang dalam komiknya pernah ditolak bergabung di Birds of Prey seperti diperlihatkan dalam komik Gotham Underground #2.

Para Karakter Yang Terlibat

Harley Quinn: Harus diakui, penampilan dari Margot Robbie sebagai Dr. Harleen Quinzel alias Harley Quinn di film Suicide Squad benar-benar mencuri perhatian banyak orang. Dan Harley Quinn dipastikan akan kembali dalam film “semi-spinoff” yaitu Birds of Prey. Sebelum dia bertemu dengan kekasihnya yang sekarang sudah putus, Joker, Harleen Quinzel merupakan seorang psikiatris atau ahli kejiwaan di rumah sakit jiwa Arkham.

Sebenarnya, Harley bukanlah anggota ini dari Birds of Prey meskipun dia pernah muncul dalam TV series Birds of Prey yang sempat tayang pada 2002. Seperti yang diperlihatkan di film Suicide Squad, Harley Quinn merupakan sosok yang “gila” berkat pengaruh dari seorang Joker. Oleh karena itulah, dia tidak segan untuk membunuh siapapun yang menghalangi jalannya.

Senjata andalannya adalah sebuah palu kecil dan juga pistol berjenis revolver berwarna putih. Menarik juga untuk melihat bagaimana Harley Quinn bisa “bersatu” dengan para karakter lainnya di film ini dan membentuk Birds of Prey. Karena, dalam komiknya Birds of Prey dibentuk oleh Barbara Gordon bersama Black Canary dan juga Huntress.

Dinah Lance alias Black Canary: Black Canary merupakan seorang ahli bela diri, dan dia memiliki kemampuan yang unik yaitu teriakan ultrasonik (ultrasonic scream) yang disebut ‘Canary Cry’. Kekuatan ini juga sepertinya akan diadaptasi di filmnya, seperti yang diperlihatkan di dalam trailer resminya. Canary Cry mampu menghancurkan gelas, gendang telinga, dan bahkan membunuh orang. Selain memiliki kemampuan teriakan ultrasonik, Black Canary pun memiliki kemampuan dalam hand-to-hand combat atau pertarungan jarak dekat dengan tangan kosong.

Di komiknya, Black Canary selain merupakan seorang vigilante yang hebat dan juga memiliki suara yang indah, dia juga merupakan sosok pemimpin yang fantastis. Dia bahkan pernah dipilih untuk memimpin Justice League. Karakter Black Canary sendiri sudah adad sejak 1947, ketika dia pertama kali muncul di komik Flash Comics #86.

Sejak kemunculannya tersebut, Black Canary kemudian mulai muncul diberbagai medium seperti komik, seri animasi, dan berbagai acara live0action (seperti Arrowverse), juga permainan video. Fakta menarik tentang Black Canary adalah pada 1986 DC Comics memutuskan untuk mengganti namanya menjadi Dinah Laurel Lance. Sebelum diganti, nama aslinya merupakan Dinah Drake.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

FOLLOW US