Sony Interactive Entertainment berhasil mencatatkan rekor terbarunya, kali ini melalui penjualan game untuk konsol PlayStation 4. Hal ini kemudian menjadikan PlayStation 4 konsol paling laris nomor 2 sepanjang sejarah, setelah Nintendo Wii. Meskipun Sony masih berada di bawah Nintendo, Sony masih memegang rekor penjualan untuk penjualan perangkat lunak maupun perangkat keras.

Menurut laporan yang dirilis oleh Sony, mereka sudah membukukan rekor terbaru yaitu berhasil menjual game sebanyak 1 milliar kopi, tepatnya 1.181 milliar di seluruh dunia. Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2013 silam, rumah produksi Take-Two dan Activision menjadi dua jawara dalam penjualan game di konsol ini.

Salah satu contoh penjualan tersukses Activision adalah angka penjualan game Call of Duty yang mencapai angka 300 juta kopi. Penghitungan total penjualan ini tidak menghitung konten add-on. Apakah artinya game dengan game ekspansi seperti The Witcher 3: Wild Hunt – Blood and Wine serta Horizon Zero Dawn: The Frozen Wilds tidak termasuk dalam penghitungan masih belum diketahui, namun jika memang dihitung tentu jumlahnya akan lebih besar lagi.

Selain dari Activision, Rockstar juga mendominasi angka penjualan game di konsol ini. Contohnya adalah game terbaru mereka, Red Dead Redemptions 2 yang meledak di pasaran bahkan sebelum gamenya rilis. Juga tentunya penjualan Grand Theft Auto V yang mencapai angka 110 juta kopi, semakin memperbesar angka penjualan game dari konsol PS4.

Dengan adanya laporan yang sangat luar biasa dari penjualan game (baik versi digital maupun fisik) ini mengindikasikan kuat tentang proyek konsol generasi masa depan, yaitu PlayStation 5 dan Xbox Series X. Kedua konsol tersebut diperkirakan akan dirilis pada akhir tahun 2020 ini, dengan game dari pihak pertama maupun pihak ketiga.

Game eksklusif juga menjadi salah satu faktor kesuksesan Sony dalam meraih pencapaian ini. Seperti yang diketahui, baik Sony maupun Xbox sama-sama memiliki judul game yang hanya tersedia di konsol mereka saja. Namun, bisa dibilang untuk urusan ini Sony lebih “beruntung” dibandingkan Microsoft dengan banyaknya judul-judul menarik seperti franchise Horizon, dan juga game Spider-Man yang dirilis pada 2019 kemarin. Kita nantikan saja ya Geeks apa gebrakan Sony untuk PlayStation 5.

FOLLOW US