Indikasikan Kemunculan Kang The Conqueror?

Seperti yang kita lihat di film Endgame, Loki sepertinya kabur menuju sebuah tempat atau masa yang belum kita ketahui. Bermain-main dengan waktu artinya berurusan dengan TVA, dan bisa jadi itulah alasannya mengapa Loki ditangkap dan kemudian berada di penjara. Jadi, kemunculan TVA ini memang dirasa sangat tepat dalam ceritanya. Tapi, hal ini juga bisa memiliki arti lebih besar.

Dengan memperkenalkan perjalanan waktu dan juga crossover universe sudah membuka kesempatan luas Marvel untuk mengeksplor cerita. Dan sudah sejak lama para fans memunculkan teori tentang sosok Kang the Conqueror, yang akan menjadi villain para Avengers di masa depan. Avengers: Endgame semakin memperkuat teori para fans tentang kemunculan Kang.

Dalam cerita komiknya, TVA memang memiliki satu musuh besar yaitu Kang the Conqueror dan sosoknya yang lain yaitu Kang Destiny. Mereka selalu gagal untuk bisa menangkap kedua villain tersebut. Dengan diperkenalkannya organisasi TVA, artinya ada kemungkinan Marvel akan memperkenalkan Kang the Conqueror kepada para fans.

Kang sendiri merupakan seorang penjelajah waktu dari masa depan. Dia sering kali merusak tatanan sejarah dan juga lini masa yang ada, sehingga wajar jika Kang kemudian menjadi salah satu villain besar di Marvel Comics. Karena sering berkelana ke masa lalu, saat ini, dan masa depan, dia pun memiliki banyak nama. Bahkan dia sempat dianggap tuhan oleh penduduk Mesir di masa lalu.

Jika memang Kang direncanakan muncul di series Loki, ada dua cara untuk melakukan hal tersebut. Pertama adalah dengan mereferensikan sosok Kang, seperti dalam sebuah dialog, narasi, atau apapun itu. Tidak perlu menunjukan sosoknya, hanya saja para fans diajak mengenal siapa sosok Kang dan betapa bahayanya sosok tersebut bagi universe ini.

Kedua adalah dengan memunculkan secara fisik sosok Kang the Conqueror. Contohnya adalah dengan menghadirkan siluet, poster buronan, atau bahkan bisa aja diceritakan Loki bertemu dengan Kang di sebuah realitas. Sama seperti Thanos, Kang bisa mulai diperkenalkan secara bertahap. Bisa per episode atau per judul series (misalnya di akhir cerita The Falcon and The Winter Soldier, kemudian WandaVision, baru muncul di series Loki).

Jika Marvel menggunakan formula yang sama, mungkin Kang akan menghadapi para Avengers di film Avengers 5. Atau jika Marvel ingin menggunakan formula yang baru, bisa saja Kang muncul di setiap episode namun kemudian dia mampu kabur di akhir cerita dan menghilang, pindah ke realita dan masa yang lain. Intinya, dengan memperkenalkan TVA dan Loki di seriesnya membuka kesempatan lebar bagi Marvel untuk memperkenalkan Kang the Conqueror yang bisa menjadi musuh utama para Avengers di masa depan.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.