Marvel Studios baru saja memberikan gambaran  berbagai TV series mereka yang tayang di Disney Plus melalui sebuah teaser berdurasi 30 detik yang tayang saat jeda event olahraga Superbowl. Dalam video tersebut kita melihat tiga series pertama yang diproduksi oleh Marvel, WandaVision, The Falcon and The Winter Soldier, juga Loki.

Untuk Falcon and Winter Soldier dan WandaVision, kita sudah sedikit mengetahui tentang apa yang akan terjadi di seriesnya. Namun, untuk series Loki masih menjadi sebuah tanda tanya besar. Berkat detail yang ada di teasernya, akhirnya sedikitnya kita tahu tentang bocoran plotnya. Loki sepertinya akan berurusan dengan Time Variance Authority (TVA).

Loki Dipenjara

Kita hanya melihat sekilas saja penampilan dari Loki di teaser tersebut. Dalam videonya kita melihat Loki sedang duduk di sebuah ruangan dengan mengenakan pakaian yang mirip dengan pakaian tahanan, namun dengan tulisan TVA di dadanya. Dia juga berkata kepada sosok yang belum terlihat, bahwa dia akan menghancurkan tempat tersebut.

Meskipun Loki diketahui sudah tewas di film Avengers: Endgame, namun Loki dari masa lalu berhasil kabur ketika Tony Stark gagal membawa Tesseract di film Endgame. Loki kemudian kabur dengan membawa serta Tesseract dan menghilang. Sedari dulu, Loki memang sudah memiliki banyak musuh di belakangnya. Dan berkat logo yang menempel di pakaiannya, akhirnya kita tahu siapa “musuh” yang dihadapi oleh Loki yaitu TVA, atau Time Variance Authority.

Apa Itu Time Variance Authority?

Seperti yang ditunjukan dari namanya, TVA merupakan organisasi yang bertugas untuk mengawasi lini masa yang ada di Marvel Universe. Siapapun yang berusaha untuk menggunakan perjalanan waktu, entah ke masa lalu atau masa depan, harus berhadapan dengan TVA. Kekuasaan TVA memang tidak terlalu besar, contohnya mereka selalu gagal untuk bisa mengejar dan menangkap Kang the Conqueror. Mereka juga selalu gagal untuk menghentikan usaha X-Men menghancurkan realita.

Meskipun begitu, TVA sudah melakukan tugasnya untuk mencegah lini masa Marvel Universe tidak hancur dan tetap sesuai dengan jalurnya. Siapa saja yang “bertugas” di organisasi tersebut? TVA merupakan birokrasi yang secara harfiah tidak memiliki wajah, karena sebagian besar dari agennya merupakan makhluk kloning yang disebut Chronomonitors.

Seorang Chronomonitor akan muncul setiap kali ada sebuah ketidakstabilan lini masa dan menghasilkan sebuah realitas yang berbeda. Mereka juga memiliki orang-orang penting dibelakangnya yang mengatur semua regulasi, seperti Justice Peace, Justice Love, dan Justice Goodwill. Sayangnya, sebagian besar dari para orang penting tersebut memiliki sisi kelamnya juga dan mereka melakukan aksi kejahatan yang seharusnya mereka cegah. TVA sendiri dipimpin oleh sosok misterius bernama Mr. Alternity.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2