Setelah lama dinanti, akhirnya pertarungan antara Oden melawan Kaido diperlihatkan di chapter 970 kemarin. Meskipun hanya beberapa panel saja alias diperlihatkan secara singkat, tapi kita mengetahui bagaimana kekuatan Oden saat itu. Dia mampu melukai Kaido, dengan kedua pedangnya yaitu Ame no Habakiri dan Enma. Meskipun begitu sebagian fans sepertinya merasa “tidak puas” atas apa yang diperlihatkan dalam pertarungan tersebut.

Dalam perjalannya menuju Onigashima untuk menemui Kaido, ternyata mereka sudah dihadang terlebih dahulu di wilayah Udon. Oden bersama pada Red Scabbards harus bertarung melawan Kaido dan ribuan bawahannya. Kita akhirnya tahu mengapa Kaido dan Orochi mengkhianati kesepakatan antara mereka, Oden, dan Hyougoro. Kaido sadar akan kekuatan Oden sehingga dia pun ingin pasukan yang lebih banyak.

Dalam pertarungan tersebut Oden dan bawahannya berhasil menghabisi ribuan musuh tersebut. Oden juga bahkan berhasil bertarung langsung melawan Kaido dan melukainya. Saat dia akan menghabisi Kaido, tiba-tiba konsentrasinya pecah setelah Kurozumi Higurashi menyamar menjadi Momonosuke. Kaido pun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membalikan keadaan dan akhirnya Oden pun kalah.

Yang menarik adalah ada sebagian fans yang tidak puas dengan pertarungan tersebut. Menurut pendapat mereka, Kaido seharusnya tidak bisa dilukai karena sesuai julukannya yaitu manusia paling kuat di dunia. Mungkin mereka ada benarnya, tapi yang dilupakan dalam pendapat tersebut adalah Kaido tidak selalu kuat seperti yang kita kira ketika pertama kali dipernalkan.

Kaido pernah berhasil dikalahkan 7 kali dan berhasil ditangkap oleh angkatan laut selama 18 kali. Artinya dia memang sulit untuk dibunuh, tapi bukan berarti dia tidak bisa dilukai sama sekali. Kaido juga merupakan anak buah dari bajak laut Rocks D. Xebec, dan bukan tangan kanan atau seorang bajak laut besar seperti Edward Newgate alias Whitebeard, Shiki, atau Charlotte Linlin.

20 tahun yang lalu Kaido tidaklah sekuat seperti dia saat ini. Dia bahkan belum menjadi Yonko pada saat itu. Kaido juga tidak pernah disebutkan memiliki level kekuatan yang sama seperti Roger, Whitebeard, atau Garp. Intinya adalah Oden akan selalu menjadi sosok yang berada di atas Kaido, meskipun level kekuatannya tidak setara dengan Roger atau Whitebeard. Setidaknya level kekuatannya sama dengan Rayleigh.

Dalam pertarungannya melawan Oden pun Kaido tidak sedang dalam masa terbaiknya. Jadi, apapun bisa terjadi apalagi Oden memiliki kekuatan yang lebih dibanding Kaido. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Kaido pun merasakan kekuatan besar dari Oden oleh karena itu dia perlu lebih banyak pasukan. Mungkin, jika Kaido tidak berbuat “curang” dia mungkin sudah hancur dalam tebasan pedang Oden.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.