Sejak pertama kali diperkenalkan, Raftel atau Laugh Tale memang sudah menjadi sebuah misteri besar. Laugh Tale disebut sebagai pulau terakhir dan menjadi tujuan akhir bagi setiap bajak laut. Hal ini diungkapkan juga oleh Gol D. Roger sebelum dia dieksekusi bahwa harta karun One Piece ada di pulau terakhir, yang mana pulau tersebut adalah Laugh Tale.

Mengapa Laugh Tale disebut pulau terakhir? Dan mengapa One Piece tersimpan atau disimpan disana? Memang kedua hal tersebut masih menjadi sebua misteri yang besar. Jawabannya bisa saja kita dapatkan di akhir cerita One Piece atau di masa yang akan datang. Intinya Laugh Tale merupakan sebuah pulau penting dalam cerita One Piece dan bagi para bajak laut.

Jika boleh berasumsi, sempat dibahas sebelumnya tentang kerajaan kuno dan kerajaan bagi para bajak laut. Sebelum abad yang hilang, Laugh Tale bisa jadi merupakan sebuah tempat yang penting dalam peradaban. Bisa jadi Laugh Tale adalah tempat dimana kerajaan kuno (ancient kingdom) berada. Disana pula, rumah bagi para keturunan hebat bajak laut yaitu orang-orang dengan nama D.

Hal ini dibuktikan dengan adanya One Piece di pulau tersebut. Berdasarkan apa yang ditunjukan di chapter sebelumnya, One Piece kemungkinan besar bukanlah sebuah harta karun pada umumnya yaitu emas, permata, atau apapun. Bisa jadi One Piece adalah sebuah potongan Poneglyph terakhir yang akan mengguncangkan dunia, seperti yang banyak disebutkan dalam cerita.

Laugh Tale mungkin tidak ada bedanya dengan Zunesha atau pulau langit, yang juga terdapat Poneglyph di tempat tersebut. Yang membuat tempat tersebut spesial adalah bagaimana akses kita menuju pulau tersebut. Pulau langit, manusia ikan, Zunesha, dan Laugh Tale merupakan tempat-tempat yang sangat sulit untuk ditemukan atau bahkan untuk diraih.

Orang-orang akan terkejut ketika mengetahui bahwa ada sebuah negeri di atas awan, yaitu Skypiea. Kita juga mungkin akan terkejut ketika mengetahui ada kehidupan di atas punggung seekor gajah rakasasa. Kita butuh perjuangan ekstra keras untuk bisa pergi menyelam di bawah 10.000 meter di bawah laut untuk bisa mencapai pulau manusia ikan.

Dari keempat tempat tersebut semuanya memiliki “pola” yang sama, yaitu sulit untuk ditempuh dan terdapat Poneglyph yang penting (poneglyph memang ada banyak, namun yang benar-benar memiliki arti penting hanya ada beberapa buah). Lalu, jika di pulau lainnya terdapat kehidupan mengapa tidak ada sama sekali kehidupan di Laugh Tale?

Seperti yang disebutkan diatas, kemungkinan disanalah lokasi kerajaan kuno berada. Kerajaan yang sangat mahsyur, yang sangat kuat dengan segala pesenjataanya, namun harus menerima kenyataan hancur akibat serangan dari 80 kerajaan yang ada di dunia ini. Mengapa mereka menyerang kerajaan tersebut? meskipun masih menjadi misteri, kemungkinan ada kaitannya dengan ketidak sukaan atas apa yang mereka miliki, lakukan, atau yang mereka sebarkan.

Laugh Tale tetap akan dijuluki sebagai “pulau terakhir” karena ada banyak sekali misteri yang belum terpecahkan disana, dan disana pula letak potongan Poneglyph terakhir yang akan membantu mereka memahami apa yang sebenarnya terjadi di dunia ini, baik di masa sekarang maupun di masa lampau. Apakah setelah Luffy berhasil menemukan Lauh Tale, keberadaannya sudah tidak akan menjadi misteri lagi? Bisa jadi iya, namun bisa jadi juga tidak.

Dalam salah satu artikel, sempat juga dibahas bahwa kata “One Piece” disini merupakan sebuah usaha dari Joy Boy untuk menyatukan seluruh wilayah yang ada, yang terpisah oleh sebuah tembok Red Line besar. Semua pembatas tersebut dihancurkan, dengan menggunakan ketiga senjata kuno, sehingga tidak ada lagi batasan dari semua ras yang ada.

Mungkin setelah Luffy berhasil menemukan Laugh Tale dan mewujudkan janji dari Joy Boy untuk menyatukan seluruh daratan dan ras, semua akan tahu dimana letak Laugh Tale. Semua orang bisa pergi kesana dengan bantuan log pose khusus atau dengan bantuan semacam pemandu. Semua orang akan tahu apa yang terjadi di masa lalu dan “dosa-dosa” pemerintah dunia.

Namun, bisa jadi Eiichiro Oda tetap merahasiakan keberadaanya dan agar regenerasi era bajak laut terus terjadi dan Laugh Tale akan tetap menjadi tujuan akhir dari para bajak laut. Kita nantikan saja ya Geeks misteri besar apa yang terdapat di pulau terakhir tersebut. Mudah-mudahan saja Oda bisa memberi tahu semua misteri disana dalam waktu dekat.