Meskipun hanya sebatas spekulasi, orang yang memiliki kekuatan Gomu Gomu no Mi sebelum Luffy adalah ibu dari Ace dan juga istri dari Gol D. Roger yaitu Portgas D. Rogue. Alasan dari spekulasi tersebut adalah kelahiran Ace. Seperti yang sudah menjadi pengetahuan umum, biasanya seorang ibu akan mengandung bayinya dalam waktu sembilan bulan sebelum akhirnya lahir ke dunia.

Tapi, yang membuatnya berbeda adalah dia merupakan istri dari Roger dan Ace merupakan anaknya. Diceritakan, sejak Roger ditasbihkan menjadi seorang raja bajak laut hampir seluruh penduduk di dunia One Piece banyak yang mengutuk dan ingin membunuh sosok Roger. Dia dianggap sebagai penjahat paling kejam di dunia, meskipun kita tahu bahwa itu merupakan propaganda angkatan laut dan pemerintah dunia.

Dengan Roger yang dianggap sebagai penjahat besar, ketika mereka tahu bahwa Roger memiliki istri yang sedang mengandung tentunya menjadi sebuah tekanan besar bagi Rogue untuk melahirkan sosok Ace, karena mereka pun mengincar anaknya agar tidak ada lagi keturunan dari sosok Roger. Disinilah keajaiban terjadi, dimana Rogue mengandung Ace sampai usia kandungannya mencapai 20 bulan. Menurut keterangan di manganya, hal tersebut bisa terjadi akibat tekad dan kekuatan yang dimiliki oleh Rogue.

Berdasarkan hal tersebut, artinya Ace sudah berumur 11 bulan ketika dia lahir dari rahim Rogue. Meskipun hasilnya berbeda-beda, rata-rata berat tubuh bayi berusia 11 bulan adalah 9,5 kg. Tubuh perempuan normal rasanya tidak ada yang sanggup untuk bisa mengandung bayi dengan berat seperti itu, kecuali jika dia memiliki kekuatan yang tidak biasa.

Bisa jadi apa yang terjadi dengan Ace ketika masih dalam kandungan diakibatkan oleh kekuatan Gomu Gomu no Mi yang dikonsumsi atau yang dimiliki oleh ibunya. Kekuatan tersebut membuat Rogue mampu melebarkan tubuh dan perutnya lebih besar dibandingkan tubuh orang normal. Dan hal itu membuatnya bisa mengandung Ace lebih lama dari biasanya. Juga, kelahiran yang tidak bisa bisa menyebabkan kematian dari sang ibu.

Dari sudut pandang yang lain, hal ini juga bisa menjelaskan mengapa Shanks bisa memiliki buah iblis tersebut. Shanks bisa jadi menyimpan buah iblis tersebut untuk seseorang yang menurutnya pantas menggunakan atau memakan buahnya. Bisa jadi ketika Shanks mengetahui tentang Ace, dia akan memberikan buah iblis tersebut kepadanya karena (mungkin) sedari awal buah iblis tersebut merupakan milik ibunya.

Memang sepertinya takdir berkata lain dimana Luffy kini menjadi orang yang memakan buahnya meskipun tidak sengaja. Tapi, Shanks sendiri yakin bahwa Luffy merupakan orang yang tepat dan mau bertaruh untuk hal tersebut. Hal ini juga secara tidak langsung membuat Luffy memiliki hubungan dengan kehidupan Roger, dengan cara yang tidak langsung.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.