Mobie Suit: Gundam pada tahun 2020 ini akan merayakan ulang tahunnya yang ke 40. Seriesnya sendiri sudah dimulai sejak 1979 silam, namun sampai saat ini cerita tentang Gundam tidak pernahb berhenti untuk menghibur para fansnya. Banyak yang mengira jika Gundam merupakan franchise yang sukses di sisi seri animenya. Meskipun sebagian benar, tapi sebenarnya sumber kesuksesan Gundam ada di merchandise milik mereka yaitu Gundam Plastic Model atau Gunpla.

Gundam Plastic Model menjadi merchandise yang paling banyak dijual, dengan total penjualan sebanyak 500 juta unit sejak awal penjualannya. Angka tersebut masih akan terus bertambah dan meningkat seiring munculnya berbagai model terbaru dari mecha yang muncul di seri animenya, light novel, manga, dan sebagainya.

Bahkan Gunpla memiliki permainan videonya sendiri sekarang yaitu Gundam Battle: Gunpla Warfare! Merakit Gunpla sendiri sudah menjadi hobi yang cukup prestisius di tengah-tengah masyarakat. Tapi, seorang fan mencoba untuk tidak sekedar menyalurkan hobinya saja melainkan sekaligus juga melakukan tindakan amal.

Seorang pengguna platform streaming Twitch bernama BadGunpla, membagikan tayangan dirinya yang merakit model plastik Gunpla selama 24 jam. Dia merakit berbagai jenis Mecha dari seri Gundam untuk mencari dana yang akan disumbangkan untuk yayasan “Cure Alzheimer’s Fund”. Dengan popularitas yang tinggi, wajar jka kemudian Gundam berkolaborasi dengan franchise lainnya.

Namun, yang cukup aneh adalah ketika Gundam berklaborasi dengan karakter dari Sanrio, yaitu Hello Kitty. Bahkan terdapat Gunpla untuk sosok Hello Kitty. Merakit Gunpla memang bukanlah sesuatu yang mudah, karena butuh keahlian dan ketelitian dalam melakukannya. Jika sembarangan, bukan tidak mungkin model kit yang kita bangun akan hancur, patah, atau tidak beraturan.

Di Indonesia sendiri minat untuk merakit Gunpla terbilang cukup tinggi. Bahkan terdapat banyak komunitas dari para pecinta Gunpla. Bagi mereka yang sudah berhasil menyelesaikan Gunpla yang dirakit, akan muncul rasa kebanggaan tersendiri dalam dirinya. Kepopuleran Gundam bahkan mengalahkan franchise yang mungkin lebih populer yaitu Pokemon, dari segi penjualan. Jadi, apa Gunpla favorit kalian Geeks?