Raksasa platform streaming, Netflix, sepertinya benar-benar serius untuk meraih pangsa pasar baru yang lebih menjanjikan yaitu Asia dan juga para pecinta anime. Sebelumnya, seperti yang kita ketahui Netflix memiliki ambisi besar untuk lebih memperluas jaringan pangsa pasar mereka dengan menyasar para pecinta anime di wilayah Asia dan beberapa negara lainnya.

Proyek tersebut dimulai dengan membuat TV series 3D animasi Ultraman, Evangelion, dan masih banyak lainnya. Berbagai judul-judul populer pun coba dihadirkan di platform mereka. Dan sekarang, mereka menghadirkan sesuatu yang lebih “besar,” yaitu menghadirkan TV series live-action dari karya Eiichiro Oda, One Piece. Hal ini diketahui dari akun Twitter resmi mereka.

Dalam akun resminya, Netflix membagikan pesan yang ditulis oleh Eiichiro Oda dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia, tentang proyek ini. Seperti yang tertulis dalam pesannya, proyek ambisius ini memang sudah diumumkan sejak 2017 silam. Namun, sejak diumumkan belum ada kabar tentang perkembangan apapun. Baru hari ini akhirnya kita tahu, jika semua prosesnya masih berjalan dan akhirnya kita tahu dimana seriesnya akan ditayangkan.

Berdasarkan informasi sejauh ini, series One Piece akan memiliki 10 episode untuk musim perdana. Alur plotnya sendiri akan benar-benar diadaptasi langsung dari manganya (namun, masih belum diketahui apakah akan ada sedikit perubahan). Studio dibalik pembuatan series ini adalah Tomorrow Studios dan juga Shueisha. Tomorrow Studios sendiri merupakan studio dibalik berbagai proyek adaptasi live-action Netflix lainnya yang sedang dikembangkan, seperi Cowboy Bebop.

Masih belum diketahui siapa saja cast yang akan memerankan karakter yang ada dalam cerita, juga kapan seriesnya tayang. Namun, nama Steven Maeda sudah ditunjuk sebagai penulis, showrunner dan eksekutif produser, bersama dengan Matt Owens. Sang kreator, Eiichiro Oda pun terlibat langsung dalam proses produksi dibalik layar, dia berperang sebagai produser bersama nama-nama tersebut.

Kabar mengenai live-action One Piece ini mendapatkan tanggapan beragam. Namun, mayoritas para fans di internet merasa skeptis dengan proyek ini. Memang bisa dimaklumi jika hal tersebut terjadi. One Piece merupakan series paling populer di dunia, selain Dragon Ball dan One-Punch Man. Komunitasnya sendiri sudah terbangung dengan sangat kuat.

Sikap skeptis para fans memang beralasan, mengingat banyaknya proyek adaptasi anime dan manga yang dilakukan oleh industri di “barat” kurang diminati karena kontroversi yang muncul dari seriesnya. Namun, Netflix sendiri selalu berusaha untuk memaksimalkan peluang dan menghindari hal tersebut. Kita nantikan saja kabar selanjutnya dari proyek ini ya Geeks!