Chapter 969 memberikan kita kejutan lainnya, dari cerita masa lalu Kozuki Oden dan Wanokuni. Setelah Oden pulang dari petualangannya bersama Roger dan Whitebeard, dia dikejutkan dengan keadaan Wano yang berubah total. Semuanya menjadi murung dan Wano dikuasai oleh rasa takut. Kurozumi Orochi ternyata adalah orang dibalik semua itu. Dia bahkan sampai melukai istri Oden, Toki, dan membunuh istri Hyougoro.

Sayangnya, usaha Oden untuk membalas dendam terhalang oleh “kekuatan” yang ada dibalik Orochi. Mereka adalah Kurozumi Higurashi, Semimaru, dan tentunya Kaido. Oden pun berusaha untuk menghabisi Kaido dan mengembalikan Wano seperti semula. Lalu, apa yang terjadi di chapter berikutnya? Kemungkinan pertarungan besar antara Oden melawan Kaido akan terjadi.

Seperti yang kita tahu, Kozuki Oden dieksekusi oleh Kaido di depan umum. Artinya, dalam adegan flashback ini kita akan melihat bagaimana semua itu akan terjadi mulai dari pertarungan pertama antara Oden dan Red Scabbards melawan Kaido dan pasukannya, sampai pada akhirnya tiba pada cerita ketika Oden berhasil dikalahkan dan kemudian dieksekusi.

Kita juga mungkin akan tahu bagaimana Oden bisa melukai Kaido dengan pedang Enma yang dia miliki. Kaido merupakan salah satu karakter yang paling kuat di One Piece, apalagi dia adalah karakter yang tidak bisa dilukai dengan sembarangan. Bisa dipastikan pertarungan mereka berdua akan sangat epik dan penuh dengan adegan aksi, serta unjuk kekuatan.

Adegan flashback babak ketiga Wanokuni pun sepertinya akan segera selesai, dengan pertarungan Kaido dan Oden yang akan dimulai. Kemungkinan adegan flashback masih akan muncul sekitar satu atau dua chapter lagi, dan kemudian cerita akan kembali ke masa sekarang, dimana Luffy dan yang lainnya sedang dalam persiapan untuk membalas dendam atas apa yang dilakukan oleh Kaido dan Orochi.

Ada sebuah teori yang berkembang di kalangan para fans, bahwa Kozuki Oden – dengan kemampuan Hakinya – mampu bertahan dari eksekusi publik yang dilakukan oleh Kaido dan Orochi. Jadi, Oden selama ini masih hidup dan bersembunyi di sebuah tempat. Jika memang itu benar, dia kemungkinan akan bisa mengajari Zoro untuk menjadi seorang ahli pedang terbaik, dan bagaimana caranya melukai Kaido. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada minggu ini!