One Piece chapter 969 akhirnya mengungkapkan bagaimana caranya Kurozumi Orochi menyingkirkan Kozuki Oden, agar tidak bisa lagi memegang kekuasaan di wilayah Wano. Di chapter 968 kemarin kita melihat bagaimana Oden akhirnya pulang setelah perjalanan panjang menemani Roger menuju pulau terakhir. Oden membantu Roger untuk membaca berbagai Poneglyph yang ada di berbagai tempat.

Sayangnya, meskipun mereka sudah berhasil sampai disana mereka masih terlalu cepat. Mereka tidak bisa melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan di pulau tersebut. Akhirnya mereka pulang dan bajak laut Roger pun dibubarkan. Satu persatu mereka berpisah, Oden sendiri kembali ke Wano. Namun, ternyata situasi di Wano sudah berubah banyak. Dan ada hal yang membuatnya marah, yaitu Orochi yang menyakiti istrinya Toki.

Lalu, apa yang terjadi di chapter 969? Di bagian terakhir chapter 968, kita melihat Oden yang berusaha menyerang Orochi dengan dua pedangnya. Ternyata, Orochi berhasil dilindungi oleh sosok ‘Biwa Buddhist Priest’ yaitu Kurozumi Semimaru. Dia ternyata memiliki buah iblis Bari Bari no Mi, yang mampu membuat sebuah pelindung dari serangan apapun.

Oden meminta Orochi untuk menyerahkan kembali kepemimpinan Shogun Wano kepadanya, karena dia seharusnya hanya bertindak sebagai penggantinya saja sampai Oden kembali. Tapi, ternyata Kurozumi Higurashi, penyihir yang memiliki kekuatan buah iblis Mane Mane no Mi, sudah meyakinkan para Daimyo dengan berubah wujud menjadi Sukiyaki dan mengatakan bahwa Orochi harus segera diresmikan sebagai Shogun baru Wano. Jadi, keinginan Oden tersebut tidak bisa dipenuhi. Oden bahkan sempat dipenjara oleh Orochi, sampai akhirnya seorang wanita tua menukar dirinya dengan Oden.

Para penduduk kota kemudian melihat Oden keluar dari istana kerajaan dalam keadaan telanjang dan menari juga meminta recehan. Melihat hal ini, para penduduk Wano pun sangat bersedih dan kehilangan harapan kepada Oden. Masyarakat Kuri sendiri mencurigai jika bawahan Oden menyembunyikan sesuatu dan memaksa mereka untuk mengatakannya.

Masyarakat Kuri yang sangat mempercayai Oden, akhirnya pasrah dan tidak lagi menaruh harapan kepada Oden. Setahun kemudian, Oden membaca sebuah koran yang dia terima dari Orochi yang menyebutkan kematian Roger dan memulai era bajak laut baru. Oden pun tertawa sambil menangis membaca kabar ini. Setahun kemudian, peran besar muncul di Ringo antara Gecko Moria dan Kaido.

Pada saat inilah diketahui jika Gecko Moria mencuri makam Ryuma dan juga Shushui. Ketika masa krisis tersebut, Oden tidak bisa berbuat banyak. Dia hanya menari dan terus menarik. Para pengikutnya, keluarganya dan beberapa orang memahami apa yang dirasakan secara perlahan. Lima tahun kemudian, Oden harus dikecewakan oleh Orochi yang melanggar janjinya untuk memberikannya kapal serta membebaskan Hyougoro.

Orochi bahkan membunuh istri dan 16 anaknya yang membangkang kepada Orochi. Pada titik inilah kesabaran Oden mulai sirna, dan bersama para bawahannya yaitu Red Scabbards Oden pun pergi menuju pulau Onigashima untuk menghabisi Kaido.