Terakhir kali terlihat di film Thor: The Dark World dan Avengers: Endgame (meskipun sebenarnya merupakan footage lama), Jane Foster dipastikan akan kembali dalam film Thor terbaru garapan Taika Waititi, Thor: Love and Thunder. Karakter yang diperankan oleh Natalie Portman ini tidak lagi berhubungan dengan sosok yang dia cintai, yaitu Thor, melainkan kali ini dia yang akan menjadi Thor atau tepatnya Mighty Thor, seperti dalam komik Jason Aaron.

Tapi, tentu saja, Jane Foster versi MCU berbeda dengan versi komiknya. Di MCU, Jane Foster merupakan salah satu ilmuwan terkenal di dunia, seorang ahli cuaca yang memiliki pengetahuan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kosmik. Menurut keterangan Thor di film Age of Ultron, Jane sempat menerima penghargaan Piagam Perdamaian Nobel, yang kemungkinan karena apa yang sudah dia lakukan di bidangnya.

Hal itu memunculkan pertanyaan menarik, seperti bagaimana dia kemudian akan kembali muncul ke MCU. Salah satu jawabannya adalah melalui Disney Plus. Berbagai TV series Marvel yang akan tayang di Disney Plus akan menghadirkan berbagai karakter dan konsep baru ke MCU. salah satu diantaranya adalah organisasi pemerintah SWORD, yang sudah dikonfirmasi akan muncul dalam series WandaVision.

SWORD sendiri memiliki kepanjangan “Sentient World Observation and Response Departement,” yang secara singkatnya merupakan organisasi yang mewakili bumi dalam wilayah diplomasi kosmik. Selain itu, tugas kerja SWORD juga adalah memantau seluruh pergerakan dan ancaman yang ada di luar angkasa sebelum mencapai bumi. Salah satu agen SWORD yang sudah terkonfirmasi adalah Monica Rambeau, yang merupakan anak dari rekan Carol Danvers dan pertama kali diperkenalkan di film Captain Marvel.

Dengan Monica yang menjadi agen bagi SWORD, hal tersebut pun memunculkan kemungkinan bahwa Jane Foster terlibat dalam organisasi kosmik tersebut. Marvel sendiri sempat merilis sebuah novel yang dibuat oleh Brandon T. Snider yaitu The Cosmic Quest Volume II: Aftermath. Novel tersebut dirilis setelah film Avengers: Infinity War, dan memperlihatkan konsekuensi dari Decimation yang dilakukan oleh Thanos dan berbagai kematian orang yang tidak diduga yang menjadi korban Decimation.

Yang menarik adalah dalam novel tersebut ada sosok Jane Foster, yang diceritakan pergi ke seluruh dunia bertemu dengan berbagai pemimpin negara-negara, menawarkan solusi dan saran untuk sebuah proyek yang belum diketahui. Proyek misterius tersebut kemungkinan adalah SWORD, mengingat pemerintah dunia tidak diragukan lagi merasa ketakutan dengan ancaman kosmik yang muncul setelah mereka mengalami Decimation.

Pengalaman dan pengetahuan tentang dunia kosmik yang dimiliki Jane Foster menjadi sebuah hal yang tidak ternilai dalam pembentukan SWORD. Dia adalah beberapa orang tertentu yang memiliki pengalaman langsung untuk berinteraksi dengan alien. Dia pun lebih banyak memiliki waktu mempelajari tentang rahasia alam semesta dibandingkan Thor bahkan Nebula atau Tony Stark.

Pengetahuan Jane tentang kosmik kemudian dibuktikan dengan dia mampu melihat tanda-tanda kemunculan the Convergence (momen ketika sembilan alam berada dalam satu garis lurus), dan dia menjadi sosok kunci dalam mengalahkan Dark Elves dalam film The Dark World. Jika Jane memang merupakan bagian dari SWORD, hal itu bisa sedikit menjelaskan mengapa dia muncul di film Love and Thunder.

Para pengungsi Asgard saat ini sudah menetap di kota Tonsberg, Norwegia, dan SWORD pun pastinya membutuhkan sosok untuk mewakili organisasi tersebut untuk bisa berdiskusi dengan pemimpin baru Asgardian, Valkyrie. Jane Foster merupakan sosok yang tepat untuk pekerjaan itu, apalagi dia pernah berada di Asgard, menghabiskan sebagian waktunya bersama Thor Odinson. Jadi, perkenalakan SWORD bisa menjadi jalan untuk memperlihatkan kembalinya Jane Foster secara sempurna.