Catwoman bukan satu-satunya villain Batman yang akan merayakan 80 tahun kemunculan mereka di DC Comics pada tahun 2020 ini. Joker, musuh bebuyutan Batman yang selalu diperlihatkan baik di komik maupun di filmnya, juga akan merayakan 80 tahun kemunculannya pada tahun ini. Joker dan Catwoman memang sama-sama muncul dalam komik yang sama yaitu Batman #1 pada 1940an.

Serupa dengan Catwoman, DC Comics juga akan membuat sebuah komik khusus untuk merayakan “kelahirannya”. Pada April mendatang, DC Comics akan merilis The Joker 80th Anniversary 100-page Super Spectacular. Sesuai dengan namanya, komik edisi spesial ulang tahun Joker tersebut akan memiliki 100 halaman dan berisi berbagai origin story dari Joker versi beberapa penulis.

Penulis-penulis DC Comics seperti Denny O’Neill, Scott Snyder, Paul Dini, Lee Bermejo, Jock, Mikel Janin, dan penulis series Batman saat ini yaitu James Tynion IV, semua akan berpartisipasi dalam komik tersebut. Sama seperti edisi peryaan lainnya, komik ini akan dirilis dengan hara USD 9,99 dan akan memiliki berbagai varian sampul, dengan masing-masing sampul menandai setiap dekade dari kemunculan karakter Joker.

Berbagai sampul tersebut akan dimulai sejak 1940an dan dikerjakan oleh berbagai seniman seperti Arthur Adamas, David Finch, Francesco Mattina, Jim Lee dan Scott Williams, Bill Sienkiewicz, Gabriele Dell’Otto, Lee Bermejo dan Jock. Sebenarnya, pada tahun 2020 ini ada berbagai komik edisi spesial dari para karakter ikonik DC yang akan dirilis.

Selain Joker dan Catwoman, DC Comics juga akan merilis komik Robin 80th Anniversary 100-Page Super Spectacular dan perayaan ulang tahun 750 tahun untuk Wonder Woman dan the Flash. Untuk komik edisi ulang tahun Robin akan dirilis pada Maret mendatang, sedangkan untuk komik edisi spesial ulang tahun Wonder Woman dan the Flash, serta komik edisi ulang tahun Joker akan dirilis pada 29 April mendatang.

Buat Geeks pecinta DC Comics dan karakter Joker, tentunya komik edisi khusus ini menjadi barang yang wajib dimiliki. Setidaknya untuk menambah koleksi dan referensi tentang sosok Joker. Di era modern ini, Joker memang sudah bukan hanya sekedar karakter villain Batman saja tapi juga sudah menjadi karakter yang menginspirasi karakter lainnya. Tertarik untuk membelinya Geeks?