Hollywood merupakan sebuah tempat yang sangat tidak menentu. Hampir setiap hari, kita mendengar berbagai proyek film baru yang akan dibuat atau sedang dikembangkan. Tapi, hanya karena para penulis atau sutradara mengatakan bahwa mereka memiliki rencana untuk membuat sebuah film, bukan berarti hal tersebut akan terjadi. Terkadang, sebuah proyek film mengalami kendala dalam masa pengembangan, dan tidak bergerak sama sekali.

Ketika sebuah proyek film macet dan harus ditunda tanpa ada kepastian, hal tersebut membuat para cast dan kru filmnya pun pindah ke proyek film lainnya. Akhirnya proyek film yang lama pun batal dan dilupakan. Ada banyak sekali film yang diyakini tidak akan dibuat, meskipun seseorang punya konsep yang bisa diaplikasikan. Tapi, ada beberapa film tersebut yang kemudian berhasil diwujudkan. Apa saja?

Bill And Ted Face the Music

Dua film pertama Bill & Ted dirilis hampir dalam waktu yang berdekatan, dan meskipun tidak ada petunjuk yang menunjukan bahwa akan dibuatnya film ketiga, nyatanya film ketiga sedang dibuat saat ini. Alex Winter, yang berperan sebagai Bill. S. Preston, memang selalu antusias jika berbicara tentang film ketiga dan pada 2014 kemarin pembicaraan tersebut hampir menjadi nyata.

Hampir lima tahun berlalu, tidak ada kabar apapun dari proyek film ketiga Bill & Ted. Sebagian fans merasa pesimis dengan kemunculan film ketiga. Baru pada 2018, film Bill and Ted Face the Music secara resmi diumumkan dan akhirnya film tersebut memasuki masa produksi. Alex Winter dan Keanu Reeves pun akan kembali. Filmnya sendiri akan dirilis pada tahun ini, tepatnya pada 20 Agustus mendatang.

Top Gun: Maverick

Tom Cruise sudah menjadi seorang bintang besar sejak beberapa dekade yang lalu, tapi yang semakin mengokohkan namanya menjadi seorang aktor terkenal adalah ketika dia berperan sebagai Maverick dalam film Top Gun. Filmnya menjadi sebuah film blockbuster epik musim panas pada saat itu, apalagi filmnya menghadirkan pertempuran jet tempur yang jarang diperlihatkan pada era 1980an.

Meskipun menjadi film blockbuster epik pada saat itu, dan para fans pun ingin melihat kelanjutannya, sayang mereka tidak bisa mendapatkan hal tersebut. Tom Cruise sendiri pernah menyatakan tentang keinginannya membuat sekuel film itu. Kejutan pun muncul pada 2019 kemarin, dengan pengumuman bahwa film terbarunya akan segera dibuat. Sempat ada penundaan jadwal tayang, tapi proses produksi sendiri tidak terpengaruh akan hal itu.

Avatar 2 & 3

James Cameron memang selalu menghadirkan berbagai kejutan bagi para penonton, dengan kulaitas cerita dan visual yang disuguhkan. Contohnya adalah film Avatar yang dirilis pada 2009 silam. Dengan cerita yang menarik dan dipadukan visual yang sangat luar biasa, wajar jika filmnya kemudian menjadi film paling laris dalam sejarah perfilman Hollywood.

James Cameron kemudian sempat mengutarakan keinginannya untuk membuat tidak hanya satu film, tapi beberapa film. Satu dekade kemudian, hampir tidak ada kabar apapun tentang perkembangan kabar tersebut. Cameron sendiri berkata jujur, bahwa proses penulisan cerita menjadi salah satu faktor lamanya proses produksi film sekuel Avatar, selain masalah teknologi.

Jadwal perilisan filmnya pun sering kali dimundurkan. Avatar 2 awalnya dijadwalkan akan dirilis pada 2014 silam, namun jadwalnya terus mundur sampai sekarang. Terakhir, Avatar 2 dijadwalkan akan dirilis pada 16 Desember 2021 mendatang, dan James Cameron sendiri sudah menjadwalkan lima film Avatar yang akan dibuat, tergantung dari kesuksesan film kedua dan ketiganya.

The Matrix 4

Trilogi The Matrix merupakan salah satu franchise terbesar pada awal millenium baru, dan meskipun film sekuelnya tidak sefenomenal film pertama, tetap saja para fans berharap akan ada kelanjutan film dari Neo dan yang lainnya. Triloginya sendiri diakhiri dengan cerita yang tidak menentu, tapi tetap bisa digunakan untuk kelanjutan filmnya bila memang ide tersebut akan direalisasikan.

Sempat mendapatkan penulis untuk filmnya, namun kendala produksi kemudian membuat semuanya menjadi tidak berkembang. Tidak ada kabar apapun dalam beberapa tahun. Baru pada akhir 2019 kemarin, muncul kabar bahwa Warner Bros. mengkonfirmasi bahwa film The Matrix 4 akan dibuat. Beberapa aktornya, seperti Keanu Reeves, akan kembali.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.