Morbius merupakan film Marvel selanjutnya yang akan dirilis oleh Sony Pictures setelah film Venom dan Spider-Man: Far From Home. Yang luar biasanya juga dari film ini adalah filmnya seolah mengkinfirmasi tentang adanya koneksi atau hubungan antara universe yang dibangun oleh Sony dan Marvel Cinematic Universe. Jared Leto akan berperan sebagai Michael Morbius di film tersebut.

Tapi, tahukah Geeks jika sebenarnya Morbius pernah hampir muncul di layar lebar sekitar 22 tahun yang lalu, tepatnya saat film Blade yang dirilis pada 1998 silam. Dalam filmnya, di akhir cerita kita melihat setelah Deacon Frost berhasil dikalahkan, Dr. Karen Jenson kemudian menawarkan Blade bantuan untuk menyembuhkan rasa hausnya akan darah.

Blade kemudian menolak tawaran tersebut demi menjaga kekuatan yang muncul secara genetik dari darah vampirnya. Karen kemudian melihat ada seseorang yang muncul dari kejauhan dan mengatakan kepada Blade, “Well, you’re back on the clock (kau sudah kembali lagi),” dengan adegan akhirnya memperlihatkan Blade bersiap untuk pertarungannya melawan sosok vampir tersebut.

Ternyata, sosok vampir misterius yang akan menjadi lawan Blade tersebut adalah Morbius. Di akhir cerita film Blade, memang sengaja tidak diungkapkan siapa identitas sosok vampir tersebut. Rencananya, baru pada film Blade II diungkapkan bahwa dia adalah Morbius. Sayangnya, rencana untuk menghadirkan Morbius tersebut harus dibatalkan.

Ketika proses produksi film Blade II berlangsung, pada akhirnya ide tersebut tidak digunakan. Hal itu dilakukan demi memperkenalkan jenis vampir baru, yang disebut sebagai “Reapers”, yang memangsa manusia juga vampir. Morbius juga sempat muncul dalam seri animasi Spider-Man yang tayang di saluran Fox Kids pada era pertengahan 1990an, bersama dengan Blade.

Dengan adanya koneksi dengan MCU, masih belum diketahui apakah Marvel Studios memiliki rencana untuk kembali menggunakan rencana lama dari film Blade, yaitu menghadirkan Morbius dalam film Blade reboot yang akan dibintangi oleh Mahershala Ali. Menghadirkan sosok Morbius dalam film Blade reboot juga dipastikan akan menaikan pamor filmnya, selain film tersebut akan menampilkan sosok Mahershala Ali. Yang pasti akan sangat menarik melihat pertarungan antara Blade dan Morbius di layar lebar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.